FashionLifestyle

Viral di TikTok, Baju Turun Naik Banyak Peminat, Cari Tahu Asal Muasalnya Yuk

BISNISBANTEN.COM – Baju turun naik semakin dikenal. Beberapa waktu lalu setelah dipakai Rina Nose, Arafah Rianti, dan Axi di program Anak Sekolah, kini dipakai Raffi Ahmad, Ruben Onsu, Nassar, di program Ketawa Itu Berkah TransTV.

Bahkan Luna Maya pun sempat mengunggah video di akun TikTok @lunamaya.

Sebelumnya ada Ayu Ting-Ting, Ria Ricis, Aurel Hermansyah, Deny Cagur dan masih banyak yang lainnya membuat video mengenai baju turun naik.

Advertisement

Kalau dilihat sekilas, dress ini seperti daster, namun bahan yang dipakai adalah plisket premium yang lebih elastis sehingga dapat bergerak turun naik. Bahannya yang ringan, membuat pakaian ini dapat mengikuti gerakan tubuh.

Bahan plisket merupakan bahan kain yang memiliki lipatan, bahan plisket juga dapat memberikan ilusi lebih ramping dan menambah kesan feminism bagi yang mengenakan.

Di TikTok banyak video wanita dan para artis sedang berjoget mengenakan baju turun naik. Sambil loncat mengenakan busana itu, dan langsung bahan dari baju yang dikenakan bergoyang turun naik.

Ini menjadi nama yang aneh juga nyeleneh untuk sebuah baju yang belum lama ini viral dan dibahas dimana-mana.

Advertisement

Baju ini menjadi tren kekinian yang banyak diburu warganet. Baju ini viral berbarengan dengan lagu yang berjudul Turun Naik Oles Trus dari Fresh Boy Ft. Blasta Rap Family yang rilis pada 2017 lalu.

Desainnya dianggap unik oleh warganet karena dapat memantul ‘turun naik’ mengikuti gerak badan dan lantunan musik sehingga banyak dari warganet yang kepincut ingin memilikinya.

Baju ini dapat ditemui di berbagai toko online atau e-commerce mulai dari harga Rp400 ribu hingga Rp600 ribu. Bahkan harganya juga bisa mencapai jutaan rupiah untuk yang diimpor dari luar negeri.

Saat awal muncul, baju ini sempat dianggap sebagai filter karena bergerak turun dan naik mengikuti alunan lagu. Namun setelah dibuktikan oleh beberapa orang termasuk para artis, baju ini benar adanya.

Meski baru ramai dibicarakan akhir-akhir ini, baju turun naik rupanya telah ada sejak lama dan sudah diproduksi jauh sebelum viral. Bukan hanya saat kemunculannya di hari Lebaran 2022.

Ternyata baju ini banyak diketahui setelah akun @kareenboutique mengunggahnya di TikTok. Video ini sudah ditonton lebih dari 41.8 Milyar dan mendapat like sebanyak lebih dari 1.9 Milyar.

Pemilik akun ini diikuti lebih dari 78.7 ribu pengikut dan berisi aktivitas keseharian yang mempromosikan fesyen wanita, mulai dari baju santai hingga baju pesta.

Pemilik akun bernama Kareen Simbolon ini wanita Batak Toba pemilik usaha butik yang menjual perlengkapan baju wanita.

“Sebelumnya saya pernah lihat istri DPR, bertepatan istri DPR ini masih saudara sama kita, Simbolon. Pas di arisan itu saya lihat mengendut-endut nah ini nih. Orang kan kalau tahu fashion, tahu gaya, dan nggak pernah melihat sesuatu itu, jadi kepo,” tutur Kareen dalam sebuah wawancara.

Ini yang membuat Kareen memutuskan membeli baju dari Bangkok, Thailand hingga menjualnya. Meski diambil dari Bangkok tapi diproduksi di China.

Dia langsung memakai bajunya ini dan membuat video yang memperlihatkan jika baju yang dijualnya bisa bergerak turun naik.

Tak disangka video ini pun menjadi viral dan banyak disukai dengan perpaduan lagu remix DJ yang santai hingga menjadi tren dance lagu “turun naik oles terus” milik Fres Boy Ft. Blasta Rap Family.

Bungsu dari delapan bersaudara ini, memesan baju sekitar 50 hingga 100 baju dalam sekali pesanan, dengan model dan varian yang berbeda-beda.

Barang-barang yang ready atau siap dikirim, biasanya membutuhkan waktu minimal 24 hari untuk sampai di Indonesia.

Sehingga dia melakukan sistem Open Pre Order atau melalui proses pemesanan terlebih dahulu hingga dua bulan. (Hilal)

LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.