Lifestyle

Viral Brand Gunakan Strategi Raw Unfiltered Marketing, Apa Itu?

BISNISBANTEN.COM – Beberapa waktu lalu Rahmat Okky Boy viral di media sosial. Rahmat “okky” boy ini viral di TIkTok karena tingkahnya yang lucu.

Makin unik dan menarik perhatian karena ia selalu memakai baju yang bertuliskan “OKKY.” Ternyata Brand Okky Jelly Drink yang berada di bawah naungan perusahaan Garudafood ini mendapatkan exposure setelah disebut-sebut namanya.

Momen itu ternyata disinggung sebagai Raw Unfiltered Marketing. Raw Unfiltered Marketing adalah pendekatan pemasaran yang menekankan kejujuran, transparansi, dan autenticitas dalam berkomunikasi dengan audiens.

Advertisement

Ini berarti bahwa pesan yang disampaikan kepada konsumen tidak disaring atau dimanipulasi untuk tampak lebih baik dari kenyataan.

Strategi ini berfokus pada menunjukkan produk atau layanan dalam bentuk yang paling alami dan realistis, tanpa embellishment atau janji-janji berlebihan.

Karakteristik Raw Unfiltered Marketing

1. Kejujuran

Komunikasi yang jujur dan apa adanya tanpa menyembunyikan kekurangan produk atau layanan. Hal ini membangun kepercayaan konsumen.

Advertisement

2. Transparansi

Mengungkapkan informasi penting secara terbuka, termasuk proses produksi, bahan yang digunakan, dan praktik bisnis lainnya.

3. Autenticitas

Menampilkan merek dengan cara yang autentik, yang mencerminkan nilai-nilai dan kepribadian sebenarnya dari bisnis tersebut.

Manfaat Raw Unfiltered Marketing

1. Membangun Kepercayaan

Dengan menunjukkan kejujuran dan transparansi, konsumen cenderung merasa lebih percaya terhadap merek. Mereka lebih yakin bahwa informasi yang diberikan adalah akurat dan tidak menyesatkan.

2. Menguatkan Loyalitas

Konsumen yang merasa dihargai dan diperlakukan dengan jujur lebih cenderung menjadi pelanggan setia. Mereka akan menghargai integritas dan autenticitas yang ditunjukkan oleh merek.

3. Diferensiasi Pasar

Dalam pasar yang sering kali dipenuhi dengan klaim berlebihan dan iklan yang menipu, pendekatan yang raw dan unfiltered dapat membuat sebuah merek menonjol. Ini memberikan keunggulan kompetitif.

4. Hubungan yang Lebih Baik dengan Konsumen

Pendekatan ini memungkinkan komunikasi dua arah yang lebih terbuka dengan konsumen. Merek dapat menerima umpan balik yang lebih jujur dan membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan.

Contoh Implementasi Raw Unfiltered Marketing

1. Konten di Media Sosial

Merek yang memposting konten yang tidak terlalu dipoles, seperti video behind-the-scenes atau posting yang menunjukkan keseharian karyawan, memberikan pandangan yang lebih realistis tentang siapa mereka dan bagaimana mereka bekerja.

2. Ulasan dan Testimoni yang Jujur

Menggunakan ulasan pelanggan asli, baik yang positif maupun yang negatif, menunjukkan bahwa merek tidak berusaha menyembunyikan kekurangan dan menghargai setiap umpan balik.

3. Pernyataan Produk yang Realistis

Hindari janji-janji yang tidak realistis atau klaim yang berlebihan. Sebaliknya, fokuslah pada apa yang sebenarnya bisa dicapai oleh produk atau layanan Anda.

4. Transparansi Proses Produksi

Mengungkapkan detail tentang bagaimana produk dibuat, dari mana bahan-bahan berasal, dan praktik bisnis lainnya. Ini bisa dilakukan melalui dokumentasi visual atau laporan yang dipublikasikan.

Raw Unfiltered Marketing disebut sebagai pendekatan yang menekankan kejujuran, transparansi, dan autenticitas dalam setiap aspek komunikasi pemasaran.

Meskipun memiliki tantangan tersendiri, strategi ini dapat membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen, serta memberikan diferensiasi kompetitif yang kuat di pasar.

Dengan berfokus pada menunjukkan kebenaran tentang produk dan layanan, merek dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat dan lebih jujur dengan audiens mereka. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA