Kuliner

Ubi Paling Terkenal Yaitu Ubi Cilembu, Ada Juga Loh di Cilegon

BISNISBANTEN.COM – Ubi Cilembu, sesuai namanya ubi ini berasal dari daerah Cilembu, Jawa Barat. Ubi Cilembu ini cukup terkenal di Indonesia, sehingga banyak orang dari daerah lain yang membuka usaha ubi Cilembu.

Salah satunya, Tama. Ia baru saja menjalankan bisnis ubi bakar madu Cilembu di Jalan Bhayangkara, Ramanuju, Kota Cilegon. Tama baru menjalankan bisnis ini pada Juli 2022. Ia warga asli Cilegon dan belajar mengenai ubi Cilembu dari kenalannya yang asli Cilembu.

Menurut Tama, cara pengolahan ubi Cilembu sebenarnya sama saja seperti pengolahan ubi pada umumnya, yang membedakan hanyalah ubi Cilembu ini dibakar dengan oven selama 2 jam dengan suhu kurang lebih 150 derajat, dan sudah pasti terdapat madu pada ubi Cilembu.

Advertisement

Madu yang keluar dari lapisan kulit ubi tersebut itulah yang menjadi ciri khas dari ubi Cilembu. Oh ya, ubi Cilembu juga lebih halus dan manis dibanding ubi pada umumnya.

Dalam sehari, biasanya Tama menghabiskan 10 Kilogram ubi Cilembu untuk dijual.

“Untuk penjualan rata-rata 10 kilogram per hari, tapi kadang lebih,” kata Tama, Senin (21/12/2022).

Advertisement

Pelanggan yang datang di toko Ubi Bakar Madu Cilembu milik Tama ini paling ramai biasanya pada saat jam pulang kerja atau pergantian dari sore ke malam hari, dan didominasi orang tua.

Lebih lanjut, Tama bercerita, ia memilih bisnis kuliner ini karena risiko yang kecil.

“Saya milih bisnis kuliner ubi Cilembu ini karena resikonya kecil sih, barang yang rusak bisa diretur, kalau ada ubi rusak 10 kilogram bisa ditukar 10 kilogram yang baru. Selain itu, kalo penjualan ubi hari ini tidak habis masih bisa dijual esok hari, cukup dipanaskan saja, rasanya nggak berubah, masih sama,” jelas Tama.

Selain ubi yang sudah dibakar, Tama juga menjual ubi madu Cilembu yang masih mentah loh.

Ubi Madu Cilembu yang mentah dipasarkan dengan harga Rp20.000 per kilogram, sedangkan untuk ubi bakar madu Cilembu yang sudah matang dipasarkan dengan harga Rp25.000 per Kilogram.

Toko Ubi Bakar Madu Cilembu milik Tama ini buka setiap hari pada pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Ubi yang udah manis dan lembut, ditambah madu asli yang keluar dari lapisan kulit, yummy banget gak tuh, bikin ngiler. Yuk cobain. (Dhori)

Advertisement
LANJUT BACA