Tips Travel

Tips Roojai – Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

BISNISBANTEN.COM  Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik berhati-hati selama arus mudik hingga arus balik.

Pasalnya, BMKG telah memprediksi potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia selama masa mudik Lebaran 2024. Karena itu, pemudik dengan kendaraan pribadi diimbau waspada terhadap cuaca yang akan terjadi.

Mudik dengan mobil pribadi, banyak faktor yang harus diperhatikan. Tidak hanya mewaspadai kondisi lalu lintas saja, kondisi fisik prima bagi pengemudi dan penumpang, sampai transportasi yang digunakan juga perlu diperhatikan dan dipersiapkan.

Advertisement

Menjelang mudik, penting untuk Anda memperhatikan kondisi mobil, sistem dan semua komponennya secara menyeluruh agar aman dan nyaman dalam perjalanan.

Untuk itu, Roojai penyedia asuransi online di Indonesia yang berizin resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengungkapan cara aman dan nyaman mudik Lebaran saat cuaca ekstrem.

Jaga Kesehatan Sebelum dan Saat Mudik

Sebelum pergi mudik, jaga dan periksakan kesehatan tubuh. Jika Anda telah terdeteksi penyakit tertentu, maka teratur mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter.

Advertisement

Kenali pula gejala awal yang bisa diketahui untuk mencegah terjadinya perburukan kondisi. Untuk itu, pastikan Anda membawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan dan vitamin dalam perjalanan mudik.

Persiapkan Fisik dan Mental Pemudik

Pemudik harus mempersiapkan mental dan fisiknya agar siap menghadapi perjalanan yang bisa menguras energi. Selain cukup istirahat, pemenuhan makanan bergizi yang baik dan cukup asupan vitamin bisa membantu mewujudkannya.

Terutama untuk pengemudi yang bertugas membawa kendaraan pribadi. Pastikan bila kondisi sedang tidak prima atau mengantuk untuk tidak memaksakan diri atau berhenti sejenak.

Untuk itu, istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan akan membantu menjaga kondisi Anda tetap fit. Jika sudah merasa lelah, luangkan waktu sejenak beristirahat dengan melakukan peregangan dan membawa kendaraan beristirahat.

Cek Kondisi Mobil

Jika perjalanan mudik dilakukan dengan kendaraan pribadi, maka pastikan kondisi mobil aman. Yaitu, dengan memeriksa melakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban, sistem kelistrikan, air radiator, kaki-kaki mobil, dan peralatan untuk berjaga-jaga seperti dongkrak, obeng dan tang.

Semua komponen-komponen tersebut wajib dicek agar perjalanan mudik ke kampung halaman senantiasa aman dan nyaman. Tak hanya memastikan pengecekan mobil secara berkala saja, service insidental di bagian tertentu seperti body atau bumper juga penting untuk dilakukan.

Mudik Tenang dengan Proteksi Terbaik

Sebelum mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan keselamatan dan keamanan selama di perjalanan terjaga. Untuk mewujudkannya, proteksi finansial kendaraan dengan asuransi mobil.

Seperti diketahui, asuransi mobil dapat menanggung biaya perbaikan dari berbagai risiko tak terduga yang terjadi saat sedang berkendara. Mulai dari kerusakan hingga kehilangan, semua bisa ditanggung proteksi ini.

Seluruh manfaat tersebut diperoleh dari proteksi terbaik asuransi mobil All Risk. Perawatan untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit, Anda pun bisa memanfaatkan produk proteksi tersebut. Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan agar mudik ke kampung halaman senantiasa aman dan nyaman. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com