Otomotif

Tips Memilih Helm yang Aman dan Nyaman

BISNISBANTEN.COM Helm merupakan perlengkapan yang sangat penting saat berkendara, baik itu menggunakan sepeda motor, sepeda, atau kendaraan lainnya. Memilih helm yang aman dan nyaman adalah langkah penting untuk melindungi kepala dan meningkatkan keselamatan saat berada di jalan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih helm yang aman dan nyaman:

  1. Ukuran Pas

Penting untuk memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala. Helm yang terlalu besar dapat berakibat pada tidak stabilnya posisi helm di kepalamu, demikian juga helm yang terlalu sempit, kamu pakai dapat menyebabkan kepala terasa gatal dan gerah, pastikan tidak ada titik tekan yang membuat tidak nyaman sehingga dapat mengurangi efektivitasnya dalam melindungi kepala. Uji juga sistem pengencangan helm dan pastikan dapat diatur dengan mudah.

2. Perhatikan Sertifikasi Keamanan

Advertisement

Pastikan helm yang kamu pilih telah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi, seperti SNI (Standar Nasional Indonesia), DOT (Department of Transportation), ECE (Economic Commission for Europe) atau Snell. Sertifikasi ini menjamin bahwa helm telah melewati serangkaian tes keamanan dan memenuhi standar yang ketat.

3. Berwarna cerah

Memilih helm dengan warna cerah akan lebih baik karena dapat membuat kita lebih mudah teridentifikas oleh pengendara lain.

4. Berat yang sesuai

Advertisement

Helm yang terlalu berat akan membuat otot leher mengalami stress akibat menahan berat helm.

Memilih helm yang aman dan nyaman adalah investasi yang penting untuk keselamatan saat berkendara. Dengan memilih helm yang tepat dapat memberikan perlindungan yang optimal. Ingat, untuk selalu menggunakan perlengkapan berkendara secara lengkap dan benar sebagai gaya hidup #cari_aman setiap kali berkendara, karena keselamatan adalah prioritas utama. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com