Lifestyle

Telapak Tangan Gatal? Ini Fakta Penyebab dan Cara Mengatasinya Menurut Kesehatan

BISNISBANTEN.COM – Telapak tangan gatal adalah kondisi yang umum dialami banyak orang. Meskipun sering kali tidak berbahaya, gatal pada telapak tangan bisa sangat mengganggu dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Gatal pada telapak tangan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kulit kering hingga kondisi medis tertentu.

Mengetahui penyebab yang mendasari gatal dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda dan mencegah ketidaknyamanan.

Advertisement

Penyebab Telapak Tangan Gatal

1. Kulit Kering

Kulit yang kering dapat menyebabkan gatal, terutama pada area yang sering terkena sabun atau bahan kimia lainnya. Gunakan pelembap secara rutin dan hindari penggunaan sabun atau produk pembersih yang keras.

2. Dermatitis Kontak

Reaksi alergi atau iritasi yang disebabkan oleh kontak dengan bahan tertentu seperti deterjen, logam, atau produk kecantikan. Identifikasi dan hindari alergen atau iritan. Gunakan sarung tangan pelindung saat berurusan dengan bahan-bahan tersebut.

Advertisement

3. Eksim (Dermatitis Atopik)

Kondisi kulit kronis yang ditandai dengan kulit kering, merah, dan gatal. Eksim sering muncul di tangan dan dapat diperburuk oleh stres atau iritasi. Gunakan pelembap khusus untuk eksim dan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

4. Psoriasis

Penyakit autoimun yang menyebabkan pertumbuhan sel kulit yang cepat, sehingga menimbulkan bercak-bercak tebal dan gatal. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai, seperti krim atau salep khusus, dan terapi cahaya.

5. Infeksi Jamur

Infeksi yang disebabkan oleh jamur dapat menyebabkan gatal pada telapak tangan, sering disertai dengan kulit yang mengelupas atau kemerahan. Gunakan obat antijamur yang dijual bebas atau yang diresepkan oleh dokter.

6. Reaksi Alergi

Alergi makanan, obat, atau bahan kimia tertentu dapat memicu gatal-gatal pada telapak tangan. Identifikasi dan hindari alergen yang memicu reaksi. Antihistamin dapat membantu mengurangi gejala alergi.

Cara Mengatasi Telapak Tangan Gatal

1. Gunakan Pelembap

Pilih pelembap yang bebas dari pewangi dan pewarna untuk menghindari iritasi lebih lanjut.

2. Hindari Alergen dan Iritan

Kenali bahan-bahan yang memicu gatal dan hindari kontak dengan bahan-bahan tersebut.

3. Jaga Kebersihan Tangan

Cuci tangan dengan sabun yang lembut dan air hangat, lalu keringkan dengan baik. Hindari penggunaan air panas yang dapat mengeringkan kulit.

4. Gunakan Sarung Tangan Pelindung

Saat bekerja dengan bahan kimia atau membersihkan rumah, gunakan sarung tangan untuk melindungi kulit tangan.

5. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan rasa gatal dan peradangan.

Konsultasikan dengan Dokter jika gatal berlanjut atau disertai dengan gejala lain, seperti kemerahan parah, bengkak, atau lepuh, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA