Kuliner

Tak Perlu Jauh-jauh, Es Sinar Garut Sudah Ada di Serang Kok

BISNISBANTEN.COM – Mendengar kata es sinar garut, langsung deh kebayang pilihan menu es teler dan es campurnya. Kuliner yang memadukan buah, rasa manis dan serutan es batunya ini banyak penggemarnya loh.

Namun sayangnya es ini bisa didapatkan kalau berkunjung ke Garut. Di daerah lain sudah ada sih, tapi di Bandung, Bekasi, Jakarta, Tangerang, dan lain-lain.

Tapi jangan sedih, es sinar garut sudah ada di Serang. Tepatnya di Jalan Kiajurum Blok Cipayung 3 no.48 RT 02/RW 18 Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Namanya Es Sinar Garut Sarasa.

Advertisement

Di sini ada menu serba Rp15.000. Mulai dari es teller, es campur, es oyen, es teller moka, es campur moka, es alpukat kelapa, es alpukat nangka, es alpukat moka, sampai es kelapa jeruk. Ayam geprek nasi di sini juga Rp15.000.

Bagi yang ingin menyantap di tempat, disediakan bangku dan meja kok. Tidak terlalu luas tapi cukup nyaman.

Tahu nggak, ternyata es Sinar Garut itu ada sejak 1960an. Dikutip dari sgssarasa.blogspot.co.id, kuliner es Sinar Garut itu dipelopori keluarga besar Bani Haji Sopandi (almarhum).

Advertisement

Sinar Garut merupakan merek es yang berasal dari Garut. Meski dari Garut, nama es ini santer sekali di telinga banyak orang di luar Garut.

Es ini sangat khas. Campurannya berisi bahan-bahan seperti alpukat, kelapa parut, mutiara, cincau, kolang-kaling, sirup pisang ambon, dan nggak lupa es parut yang digosroknya pakai gosrokan es dari kayu. Sementara untuk isian es telernya ada alpukat, kelapa parut, susu, es parut, dan nangka.

Di Es Sinar Garut Sarasa, seperti yang dituliskan di akun pemesanan GoFood, merupakan es campur yang di sajikan dengan campuran, serutan kelapa muda, kolangkaleng, cingcau, tape, dan buah alpukat dengan tambahan sirup.

Tertarik mencoba? (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.