Travel

Study Banding ke Saung Madu Lebong, Poktan An Nahl Belajar Beternak Lebah

BISNISBANTEN.COM – Kelompok Tani (Poktan) An Nahl melakukan studi banding ke Saung Madu Lebong yang beralamat di Jalan Pamarayan No 09, Cijoro Pasir, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu (10/9/2022).

Sumardi, Ketua Pembina Poktan AN Nahl menuturkan bahwa, study banding ini merupakan salah satu program kerja Poktan An Nahl dalam rangka mewujudkan salah satu rencana jenis usahanya yaitu migasi (pembuatan habitat) dan usaha peternakan lebah.

Studi banding ini diikuti oleh 6 orang pengurus Poktan AN Nahl.

Advertisement

“Kami berharap setelah studi banding ini, kami bisa memperoleh ilmu tentang pembudidayaan lebah dan memiliki saung lebah seperti ini,” katanya.

Peternak dan pemilik Saung Lembong, Badrul Munir menerima dengan hangat kedatangan anggota Poktan AN Nahl dan mengedukasi mereka tentang cara ternak lebah jenis Trigona SP dan Apis Melifera.

“Madu Teuwel sudah terkenal dari sejak jaman dahulu bahkan tertulis dalam Al Qur’an. Dalam Al Qur;an surat AN Nahl Ayat 69 dinyatakan bahwa madu adalah obat yang menyembuhkan manusia,” tuturnya.

Advertisement

Kandungan gizi dalam madu teuweul yang dihasilkan oleh Trigona SP sangat lengkap, antara lain kandungan vitamin (Thamin (B1), Riboflavin (B2), Asam Askorbat (C), Biotin dan Vitamin K), Mineral (Natrium (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Fosfor dan Kalium (K), Sodium Klorin dan Pottasium), serta enzim-enzim utama seperti Diatese, Glukosa Oksidase, Fruktosa, Iodium dan Zinc.

Pada kesempatan kunjungan kali ini, anggota Poktan An Nahl juga diberikan kesempatan secara langsung untuk memanen madu teuwel dan madu nyiruan.

“Madu teuwel rasannya sedikit asam tapi ada manis-manisnya, segar dan enak ke tenggorakn,” kata Tri Ilma salah satu anggota Poktan An Nahl.

Lebih lanjut Badrul Munir juga menyarankan kepada Poktan An NAhl untuk mempersiapkan terlebih dahulu vegetasinya sebelum menyiapkan stup koloni lebah.

“Bapak-bapak jika mau ternak lebah, maka harus menanam aneka tumbuhan yang berbunga di sekitar rumah. Tumbuhan yang berbunga memiliki nektar dan disukai oleh para lebah antara lain air mata pengantin, bunga matahari, kaliandra, dandelion, lemon balm, black eyed susan, belimbing, dombeye, porana vollubis, dan xanthos temon,” terangnya.

“Jika vegitasi atau tumbuhan bunga dan buahnya rimbun dan bagus, pembudidaya lebah bisa panen setiap 3 sampai 4 bulan,” tambahnya. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.