Keuangan

Simpan Uang Pecahan ORIDAB, Dirut Bank Banten : Ingin Bangkitkan Kejayaan Bank Banten

BISNISBANTEN.COM — Bank Banten salah satu bank yang telah menorehkan sejarah panjang untuk masyarakat Banten terutama saat awal-awal kemerdekaan Indonesia.
Untuk mengatasi masalah keuangan, Karesidenan Banten pada masa itu mengeluarkan uang sendiri, yang dikenal dengan Oeang Repoeblik Indonesia Daerah Banten (ORIDAB) yang dicetak di Serang.

Untuk mengenang dan membangkitkan kejayaan Bank Banten, ia sengaja menyimpan dan memajangnya dalam figuran lima lembar uang daerah Banten di ruang kerjanya.

Kelima lembar pecahan ORIDAB itu yakni uang kertas darurat untuk daerah Banten yang masih terjaga dengan pecahan Rp1, Rp5, Rp10 Rp25, dan Rp50 yang terbit tahun 1947-1948. Ia mendapatkan uang pecahan tersebut dari kolektor.

Advertisement

“Kami ingin mengembalikan marwahnya Bank Banten dan ini sebagai wujud penghormatan terhadap sejarah,” kata Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin saat ditemui di Kantor Bank Banten, Kota Tangerang, Selasa (21/9).

Ia yang ditunjuk Dirut sejak April lalu tersebut ingin kembali memajukan Bank Banten di era saat ini. “Bank Banten merupakan sejarah panjang yang harus bisa dijaga. Kami di tahun 2021 ini memproklamirkan banhwa Bank Banten ini lahir kembali. Kami di sini punya semangat patriotisme,” ujarnya.

Sebagai perbankan yang memiliki sejarah panjang, ia mendapatkan banyak dukungan dari banyak pihak dan ini sebagai semangat untuk memajukan Bank Banten. (susi)

Tinggalkan Komentar

Advertisement

Advertisement
Baca Selengkapnya

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com