Info Travel

Siapa Mau Menyusuri Cikalumpang dengan Ban Bekas? River Tubing di Padarincang Ini Memacu Adrenalin Loh

BISNISBANTEN.COM – Menjelang akhir pekan, pasti lagi hunting tempat liburan. Nah bagi yang suka bermain air bisa memilih destinasi satu ini, Banten River Tubing.

Berlokasi di Kampung Curug Dahu, Desa Kaduberem, Kecamatan Padarincang, Banten River Tubing memanfaatkan aliran Sungai Cikalumpang untuk rafting. Wahana ini dibuka sejak Desember 2016 lalu.

Tempat ini recommended untuk dikunjungi bukan hanya karena lintasannya yang bervariasi tapi juga panorama gigir sungai yang memanjakan mata.

Advertisement

Lokasinya pun mudah dijangkau. Jika dari arah Ciomas menuju Pasar Padarincang yang lama, di sebelah kiri ada gang sempit yang cukup dilalui satu mobil. Terus saja sampai pada pemberhentian awal bertuliskan Banten River Tubing. Jarakanya kurang lebih sekitar 1 km dari Pasar Padarincang.

 

Jika menggunakan motor bisa diparkir di area start Banten River Tubing. Kalau menggunakan mobil, bisa diparkir di ujung kampung, lalu berjalan kaki dengan jarak tempuh sekitar lima menit.

Sekadar tahu, river tubing merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas olahraga air pemacu adrenalin. Pelaku akan meluncur bebas di aliran sungai menggunakan bekas ban dan menyusuri aliran sungai yang aliranya cukup deras.

Advertisement

Meski begitu keamanan dan kenyamanan tetap menjadi prioritas. Sepanjang mengarungi lintasan, dibekali helm, pelampung dan didampingi instruktur.

River Tubing Cikalumpang memiliki perlengkapan baik dan aman yang disesuaikan standarisasi internasional. Ini supaya wisatawan aman dan nyaman saat melintasi curamnya jalur air dan menantangnya arus yang mengalir deras.

Menyususuri Sungai Cikalumpang biasanya dimulai dari hulu di Curug Leuwi Bumi hingga tiba di Bendungan Curug Dahu. Untuk lintasan di Cikalukpang ini paling pendek 1,5 km dengan jarak tempuh sekitar 15 menit. Pilihan lintasan lain yakni 2 km, 2,5 km, dan paling panjang 4,5 km atau bisa ditempuh sekitar 2,5 jam. Sepanjang lintasan sungai, dijumpai pemandangan sawah, hutan yang masih alami, dan perkebunan.

Keseruan saat menyusuri sungai dengan ban ini terpontang-panting karena arus sungai. Namun tidak akan tenggelam karena sudah menggunakan pelampung yang aman. Sebelum menysuuri sungai, akan diajak team River Tubing Cikalumpang untuk melakukan pemanasan agar tidak keram otot.

Perlu diperhatikan, minimal pengunjung jika ingin rafting saat weekday adalah lima orang. Sementara saat weekend tidak dibatasi. Meskipun datang sendiri atau berdua bisa ikut rombongan lain. Untuk bisa rafting di sini, minimal usia delapan tahun.

Tarif yang dikenakan sudah termasuk welcome drink, keamanan, dan guide pendamping.

Banten River Tubing sudah banyak didatangi pengunjung, bahkan hingga luar Banten, seperti dari Bandung, Bekasi, dan Jakarta.

Bagi yang ingin bermalam, di Banten River Tubing ini juga terdapat vila, aula, dan homestay. Disediakan juga outbound dan flyng fox sesuai pesanan. Ini semakin melengkapi keinginan pengunjung yang datang dengan berbagai keperluan.

Sekali lagi, bagian penyuka olahraga adrenalin sekaligus suka olahraga air, Banten River Tubing Cikalumpang ini bisa jadi tempat yang cocok untuk mengisi liburan kali ini. Rasakan keseruan menyusuri sungai menggunakan ban alias tubing. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.