MotorOtomotif

Seleksi AHM Best Student Rampung, 2 Pelajar Akan Wakili Banten Ke Tingkat Nasional

BISNISBANTEN.COM — PT Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan PT Mitra Sendang Kemakmuran menantang generasi muda kreatif dan inovatif dalam membangun bangsa melalui gagasan dan inovasi melalui seleksi Astra Honda Motor Best Students (AHM Best Student) 2022 dengan tema “Berkreasi Menebar Inspirasi”.

Sebanyak 11 peserta yang lolos seleksi berkesempatan mempersentasikan hasil karyanya dihadapan juri pada Kamis, (4/8/22).

Program yang telah hadir sejak 2 dekade berhasil melahirkan sumber daya manusia yang unggul dan membanggakan. Selain itu, ratusan karya terbaik lahir dari pemikiran putra-putri bangsa untuk berkontribusi dalam pengembangan berbagai bidang seperti lingkungan, kesehatan, ekonomi dan pendidikan.

Advertisement

Pada penyelenggaraannya ke-20, AHM Best Student tahun ini semakin menantang dan menguji kreativitas pelajar dalam membentuk ide proposal ataupun inovasi. Dalam ketegori ide proposal para peserta ditantang kreatif dan kritis terhadap isu sosial sekitar maupun kontribusi terhadap masyarakat.

“Banyak hal yang menjadi penilaian juri, Diantaranya originalisitas, kreatifitas, struktur penulisan makalah, cara penyampaiannya, kemudian How to nya setelah ini ide nya mau dikembangkan seperti apa, apakah memiliki manfaat sosial atau tidak. seperti itu sih kompleksitasnya,” jelas PIC CSR Honda Banten Nikmatulloh.

Sedangkan kategori inovasi, para peserta ditantang untuk membuat produk atau temuan baru yang memiliki manfaat sosial ataupun berkontribusi terhadap masyarakat. Namun sayangnya, pada gelaran tahun ini tidak ada peserta yang daftar pada kategori inovasi.

Advertisement

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, Honda Banten mengumumkan 2 pemenang untuk kategori ide proposal yaitu Rian dan Salma dari SMAN 1 Rangkasbitung Sebagai Juara 1  dengan Ide Pakan Ternak Ayam menggunakan Curazol dan juara 2 dengan ide Reuse Mask Waste into Conblok dari Devina, Leonard, Louis dan Donald dari SMA Mardi Yuana Kota Serang.

Rian Saputra, pelajar yang menjadi pemenang pada kategori Idemengatakan, Gelaran AHM Best Student merupakan program yang sangat menarik karena bisa memberikan banyak ilmu dan pengalaman.

“Program AHM Best Student ini sangat menarik terutama untuk menambah pengalaman. Bagi saya menjadi juara itu hanya bonus, yang terpenting adalah pengalaman dan ilmu yang saya dapat selama ikut AHM BS ini,” jelas Rian.

Seluruh pemenang menjadi juara setelah berhasil menjadi yang terbaik dari 31 peserta pada kategori ide proposal. Seluruh peserta merupakan siswa/siswa dari 8 sekolah di provinsi Banten.

Nikmatulloh mengungkapkan, program pencarian siswa berprestasi dalam ide maupun inovasi yang telah diselenggarakan sejak 20 tahun lalu ini, menjadi bagian dari upaya perusahaan untuk Sinergi Bagi Negeri dalam mengembangkan potensi manusia unggul sejak dini melalui kontestasi yang inspiratif dan apresiasi yang membanggakan.

“Kalau berkaca dari tahun sebelumnya itu hanya satu atau dua sekolah yang ikut. Sekarang alhamdulillah mulai banyak sekolah yang ikut. tadi kurang lebih ada sembilan sekolah. kemudian variasi dari judulnya pun jadi lebih banyak. tapi memang saat ini peserta hanya ada dari kategori ide tidak ada dari kategori inovasi. Jadi perwakilan dari regional Banten nantinya hanya ada dari kategori ide,” ujarnya.

Para pemenang seleksi ini akan berjuang dalam tahap seleksi nasional menghadapi ratusan pelajar lainnya dari seluruh Indonesia yang dilaksanakan dalam seleksi nasional yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Seluruh rangkaian kegiatan AHM Best Student 2022, mulai dari sosialisasi, seleksi, kegiatan pengayaan ilmu, hingga penganugerahan pemenang dilakukan secara daring. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com