Kecantikan

Selain Faktor Stres, Ini Penyebab Rambut Alami Kerontokan

BISNISBANTEN.COM – Rambut rontok adalah masalah umum yang bisa dialami oleh siapa saja, baik pria maupun wanita.

Mengetahui penyebab rambut rontok adalah langkah pertama dalam mencari solusi yang tepat. Berikut adalah beberapa penyebab umum rambut rontok dan cara mengatasinya.

1. Genetika (Androgenetic Alopecia)

Advertisement

Penyebab paling umum dari rambut rontok adalah faktor genetika atau keturunan. Kondisi ini dikenal sebagai androgenetic alopecia, yang sering disebut sebagai kebotakan pola pria atau wanita. Pada pria, rambut rontok biasanya dimulai di garis rambut depan atau di bagian atas kepala. Pada wanita, rambut cenderung menipis di seluruh bagian atas kepala.

2. Stres dan Perubahan Hormonal

Stres fisik atau emosional yang signifikan dapat menyebabkan rambut rontok sementara, dikenal sebagai telogen effluvium. Perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan, persalinan, menopause, atau karena gangguan tiroid juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Cara mengatasinya dengan manajemen stres seperti teknik relaksasi yoga, meditasi, dan olahraga dapat membantu mengurangi stres.

3. Kekurangan Nutrisi

Advertisement

Kekurangan nutrisi tertentu, seperti zat besi, protein, vitamin D, dan zinc, dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkan kerontokan. Cara mengatasinya bisa dengan diet seimbang, konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting seperti sayuran hijau, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dalam beberapa kasus, suplemen nutrisi dapat membantu mengatasi kekurangan yang mungkin tidak terpenuhi.

4. Penggunaan Produk dan Alat Styling yang Berlebihan

Penggunaan produk perawatan rambut yang keras, pewarna rambut, serta alat pemanas seperti pengering rambut dan catokan secara berlebihan dapat merusak rambut dan menyebabkan kerontokan.

Cara mengatasinya dengan menggunakan perawatan lembut, gunakan produk perawatan rambut yang lembut dan bebas dari bahan kimia keras, serta usahakan batasi penggunaan alat pemanas dan gunakan pengaturan suhu rendah saat styling rambut.

5. Kondisi Medis dan Obat-obatan

Beberapa kondisi medis seperti alopecia areata, infeksi kulit kepala, dan penyakit autoimun dapat menyebabkan rambut rontok. Selain itu, obat-obatan tertentu seperti yang digunakan untuk kanker, artritis, depresi, masalah jantung, dan tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Cara mengatasinya dengan konsultasi medis, jika Anda menduga kondisi medis atau obat-obatan sebagai penyebab kerontokan rambut, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Tips Umum untuk Mencegah Rambut Rontok

– Jaga Kebersihan Kulit Kepala

Cuci rambut secara teratur dengan sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda.

– Hindari Gaya Rambut yang Membuat Rambut Tertarik

Gaya rambut seperti kuncir kuda atau kepang yang terlalu ketat dapat menyebabkan tekanan pada akar rambut dan menyebabkan kerontokan.

– Hindari Merokok

Merokok dapat mempengaruhi sirkulasi darah ke folikel rambut, yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

Mengetahui penyebab rambut rontok dan mengambil langkah-langkah yang tepat dapat membantu mencegah dan mengurangi masalah ini. Jika rambut rontok terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter atau dermatologis untuk mendapatkan perawatan yang lebih spesifik dan efektif. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA