Keuangan

Samsat Cikande Targetkan Penerimaan Pajak Daerah Sebesar Rp405 Miliar

BISNISBANTEN.COM — Unit Pelayanan Teknis (UPT) Samsat Cikande menargetkan penerimaan pajak daerah sebesar Rp405 miliar. Untuk memaksimalkan penerimaan pajak daerah, Samsat Cikande terus meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak. Lingkup kerja Samsat Cikande meliputi 29 Kecamatan yang ada Kabupaten Serang sehingga pendapatan pajak daerah bisa maksimal.

“Target tahun ini, cukup besar dan Samsat Cikande terbesar kedua setelah Balaraja yakni targetnya Rp405 miliar,” kata Kepala UPT Samsat Cikande Rita Prameswari saat ditemui di ruang kerjanya.

Dari target tersebut, sekitar Rp215 miliar merupakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Ia optimis, target tersebut bisa tercapai hingga akhir tahun dengan melakukan berbagai upaya dengan pendataan dan penagihan kepada wajib pajak.

Advertisement

“Selain ada gerai samsat di beberapa daerah, ada juga sistem jemput bola di kawasan industri dan kecamatan. Kebetulan ada dua mobil dan unit motor untuk samsat keliling agar bisa menjangkau wajib pajak lebih dekat,” katanya.

Ia menjelaskan, untuk mobil samsat keliling, Samsat Cikande bekerja sama dengan serikat pekerja di Kawasan Industri Modern Cikande, Nikomas, dan Indah Kiat. Dengan begini, karyawan bisa membayar pajak kendaraan tepat waktu.
“Jadi setiap awal dan akhir bulan, kita stand by depan kawasan agar karyawan bisa lebih mudah membayar pajak kendaraan,” kata Ketua Umum Pengprov Panahan Provinsi Banten.

Selain itu, ia juga melakukan pendataan dan penagihan bagi wajib pajak yang telah lama menungggak terutama wajib pajak yang menunggak lebih dari setahun. “Kita datangi rumahnya dan agar bisa melakukan pembayaran pajak,” katanya.

Advertisement

Ia menuturkan, hingga 18 Juni 2021, realisasi penerimaan pajak daerah di Samsat Cikande mencapai Rp133 miliar dari tiga pajak daerah yang dikelola yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan pajak air.

Ia menerangkan, kini, wajib pajak lebih mudah dalam membayar pajak kendaraan dengan berbagai pilihan layanan antara lain kantor samsat terdekat, gerai samsat, samsat keliling, dan layanan e-channel.
“Samsat Cikande juga ada layanan drive thru yang mulai dibuka pada pukul 14.00 – 17.000 sehingga mempermudah karyawan yang baru pulang kerja dalam membayar pajak,” terangnya. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com