Banten24

RSDP Serang Raih Penghargaan Penyelenggara Uji Kompetensi Terbaik Dari Kemenkes

BISNISBANTEN.COM- Rumah Sakit dr Dradjat Prawiranegara (RSDP) Serang meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Rumah sakit milik Pemkab Serang, itu meraih penghargaan sebagai Penyelenggara Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Terbaik kategori Rumah Sakit Umum Daerah.

Penghargaan diterima langsung Direktur Utama RSDP Serang drg Agus Sukmayadi pada acara Forum Komunikasi Nasional Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Tahun 2024 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

“Alhamdulillah, kami secara mandiri sudah melakukan uji kompetensi dan dinilai sebagai penyelenggara terbaik oleh Kemenkes,” ucap Agus dalam siaran pers, Rabu (21/5/2024).

Advertisement

RSDP diketahui sebagai salah satu instansi penyelenggara uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan sejak 2017. Sampai saat ini sudah 7 kali RSDP melaksanakan uji kompetensi. RSDP juga memiliki 5 tenaga penguji tersertifikasi Kemenkes, serta sebanyak 45 orang tersertifikasi pembekalan internal. Atas penilaian itu, diputuskan oleh Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Nomor: HK.02.03/F/2065/2023, tentang RSDP sebagai Instansi Terakreditasi dalam Penyelenggaraan Uji Kompetensi Jabatan Fungsonal Kesehatan.

Disebutkan Agus, dari 30 jenis jabatan fungsional yang sudah ditetapkan Kementerian PAN-RB, RSDP mampu melaksanakan uji kompetensi secara mandiri sebanyak 14 jenis jabatan fungsional. Di antaranya dokter (Dokter Umum dan Spesialis), Dokter Gigi, Perawat, Bidan, Apoteker, Radiographer, Nutrisionis, hingga Fisioterapis. Dijelaskan Agus, uji kompetensi merupakan salah satu syarat akreditasi rumah sakit. Tahun ini, kata Agus, pihaknya pada Februari mengadakan uji kompetensi terhadap 265 tenaga kesehatan.

“Alhamdulillah lulus semua. Untuk sertifikat sudah dalam proses tanda tangan penguji dan direktur,”ungkapnya.

Selain internal, lanjut Agus, pihaknya juga melaksanakan uji kompetensi ke berbagai instansi eksternal di Banten. Meliputi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, Dinkes Kabupaten Serang, Dinkes Cilegon, Dinkes Pandeglang, Dinkes Lebak, RSUD Banten, RSUD Aulia Pandeglang, RSUD Berkah Pandeglang, dan RSUD dr Adjidarmo Lebak. RSDP Serang juga berhasul meraih akreditasi paripurna dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARSDHP) untuk kali ketiga.

Advertisement

“Berbagai penghargaan yang diraih oleh RSDP merupakan motivasi bagi kami untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tandas mantan Kepala Dinkes Kabupaten Serang ini.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi pencapaian yang didapat RSDP. Kata Tatu, tidak hanya dari sisi uji kompetensi tenaga kesehatan maupun akreditasi paripurna yang sudah dimiliki RSDP, melainkan juga para tenaga kesehatan di rumah sakit milik Pemkab Serang ini sudah menjadi konsultan tingkat nasional, baik Dokter Spesialis maupun Sub-spesialis.

“Ini membuktikan jika sumber daya manusia di RSDP Serang sudah cukup baik. Ke depan, kami terus melengkapi sarana prasarana. Tidak hanya sebagai rumah sakit rujukan, RSDP juga harus mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan pelayanan yang ramah tanpa keluhan,”tegas Tatu. (Nizar)

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013