Info Travel

Pulau Merak Besar dan Kecil, Sensasi Menikmati Pantai di Lintasan Pelabuhan

BISNISBANTEN.COM – Siapa bilang Kota Cilegon tidak memiliki pulau. Ini loh Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil. Ya, pulau ini letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Merak.

Mendengar nama Merak, akan tergambar pelabuhan terbesar yang merupakan penyeberangan antara Merak menuju Bakauheni, Lampung maupun daerah lainnya yang ada di Pulau Sumatera. Tidak banyak yang tahu jika di sini ada dua pulau yang bisa dikunjungi.

Kedua pulau ini memang masih kalah populer dibandingkan pulau-pulau lain di Banten. Untuk menuju ke pulau ini bisa melalui Pantai Mabak. Dermaga yang ada di sini untuk menyebrang sangatlah kecil. Wisawatan dapat menyeberang menggunakan kapal nelayan tanpa harus menunggu penumpang lainnya agar penuh.

Advertisement

Oh iya, sekadar tahu, selain untuk penyeberangan ke ke dua pulau tersebut, dermaga ini pun bisa dijadikan titik awal untuk menyeberang ke Pulau Sangiang, dan pulau lainnya di Banten. Perkiraan waktu perjalanan sekitar dua jam.

Untuk melakukan perjalanan pulang-pergi ke Pulau Merak Kecil dipatok dengan harga Rp15.000/orang, sedangkan ke Pulau Merak Besar yaitu Rp25.000/orang. Harga tersebut lumayan terjangkau mengingat letak dua pulau ini cukup dekat. Waktu yang dihabiskan sekitar 10-25 menit.

Di sepanjang perjalanan menuju pulau, fenomena yang bisa disaksikan adalah kapal-kapal yang berlalu-lalang dari dan ke Pelabuhan Merak. Dari kapal kecil ini akan nampak jelas terlihat dermaga eksekutif dari arah timur.

Jalur kapal untuk menuju ke pulau ini sebenarnya cukup berbahaya mengingat lintasannya kerap dilalui kapal-kapal ASDP tujuan Merak-Bakauheni.

Advertisement

Beberapa tahun lalu, pulau ini sempat ingin diubah pemerintah setempat menjadi tempat hiburan, namun gagal karena karena jalur perairan ini dilewati kapal-kapal besar.

Pulau Merak Besar masuk ke dalam kawasan hutan lindung Badan Konservasi Sumber Daya Alam milik Pemerintah Provinsi Banten. Wisatawan masih akan menemukan aneka hewan seperti ekor monyet panjang dan burung elang di sekitar kawasan.

Di Pulau Merak Besar, tidak banyak orang yang datang berkunjung. Di ujung pulau, akan ada sebuah jalan kecil menuju ke atas bukit. Pemandangan yang ditawarkan dari atas bukit ini cukup indah. Dari sini bisa melihat dengan jelas lalu lalang kapal feri yang datang menuju ke Pelabuhan Merak.

Dari beberapa fasilitas yang berada di pulau ini, sepertinya pulau ini pernah dikelola namun pada akhirnya terbengkalai. Di sini terdapat papan petunjuk tempat makan dan fasilitas snorkeling. Ada pula ayunan kayu dan spot foto buatan yang sudah rusak.

Di pulau ini, pengunjung biasanya memancing di pinggir pulau. Di sini juga bisa berenang dan bersantai dengan tenang karena terkadang tidak ada siapa-siapa. Saat berenang di sini tetap harus hati-hati karena terdapat beberapa karang di sekitaran pulau ini.

Di sini ada juga penghuni lain yang mengharuskan tetap waspada saat beraktivitas di sana, yaitu kera. Kera ini memang jarang terlihat, namun sekalinya muncul ia mencoba mengambil barang-barang milik pengunjung. Jadi hati-hati dalam menyimpan barang pribadi milik agar tidak diambil.

Puas mengunjungi Pulau Merak Besar bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Merak Kecil. Tidak dibutuhkan waktu lama, hanya sekitar 10 menit. Di sini suasananya berbanding terbalik dengan Pulau Merak Besar.

Pulau Merak Kecil menyimpan keindahan yang luar biasa, hamparan pasir putihnya yang bersih bercampur dengan serpihan karang-karang kecil menambah pesona dan kecantikan tersendiri. Pulau ini memiliki pasir putih dan laut berwarna tosca.

Di sini bisa ditemui penjual makanan juga fasilitas berupa toilet. Pengunjung di pulau ini jauh lebih ramai. Untuk mengelilingi pulau kecil ini bisa dengan berjalan kaki.

Semakin mendekati ujung pulau, terdapat bebatuan besar berundak-undak dengan warna hitam kecokelatan, hamparan batu yang membentuk seperti anak tangga. Di sini bisa duduk-duduk sambil menikmati deburan ombak pantai.

Destinasi di Pulau Merak Kecil di antaranya karang-karang, ikan, sunset, view kapal, snorkeling dan spot foto. Terdapat juga hewan liar monyet yang menyambut ramah para pengunjung.

Pulau Merak Kecil berada di lingkungan Sukajadi Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Cilegon. Mempunyai luas lahan sekitar 1 Hektar. Untuk berkunjung ke sini, bisa masuk juga dari belakang Polsek Pulomerak.

Nah bagaimana? Siap untuk menikmati sensasi berkunjung ke pulau yang dilalui kapal-kapal besar? Silakan datang kesini. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.