Kuliner

Prasmanan Khas Sunda, Ampera Bisa Jadi Pilihan Suka-suka

BISNISBANTEN.COM – Cari rumah makan di pusat Kota Serang yang menyajikan makanan khas Sunda dan bisa pilih menu suka-suka. Ampera jawabannya.

Berada di Jalan Jenderal Sudirman no.58, Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, rumah makan ini sudah ada sejak lama. Seperti halnya rumah makan di tempat lain, Ampera di Serang memiliki lebih dari 50 lauk

Ampera Serang menerapkan konsep prasmanan. Jadi, pengunjung bebas memilih lauk yang diinginkan lalu dihangatkan sebentar, sebelum disajikan oleh pelayan.

Advertisement

Menu yang dihadirkan di rumah makan berpusat di Kota Bandung ini beragam. Puluhan menu tersaji dalam wadah-wadah tradisional beralaskan daun pisang yang menggugah selera. Mulai dari daging, ikan, jeroan, dan sayuran.

Jangan lupa, di sini punya banyak pilihan sambal yang menggugah selera. Lalaban juga tersedia, ambil sesukanya gratis.

Sejarahnya nih, Warung Nasi Ampera ini didirikan suami istri, Tatang Sujani dan Siti E Rochaety (almh). Keduanya mula-mula pedagang kaki lima yang berjualan di pinggiran Terminal Kebon Kelapa, Bandung pada 1963 yang sekarang menjadi ITC Kebon Kelapa.

Advertisement

Tatang berasal dari Dusun Babantar, Desa Awiluar, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis yang merantau ke Bandung.

Saat itu, pelanggannya kebanyakan masih orang pinggiran, seperti supir angkot, supir truk, supir bus, petugas terminal, tukang becak, sampai penumpang yang berhenti sambil nunggu jemputan. Berbeda dengan sekarang, pelanggan Ampera Serang didominasi pegawai pemerintahan dan swasta.

Banyak yang mengakui, kualitas masakan di Rumah Makan Ampera memang jempolan. Tidak heran jika sekarang memiliki cabang di berbagai tempat bahkan luar daerah seperti Serang.

Ampera memiliki cabang antara lain di Dalem Kaum, Otista, Dayeuh Kolot, Cibabat, Buah Batu, Pajajaran, Terminal Leuwipanjang, Jalan Soekarno Hatta, Arcamanik, sampai Bojongsoang. Di luar Bandung, selain Serang yakni Bekasi.

Ampera Serang selain mudah dijangkau karena berada di pinggir jalan raya juga dilengkapi tempat cukup nyaman. Terdapat musala dan parkiran luas.

Untuk area santap, selain tersedia meja dan kursi juga tersedia lesehan. Cocok untuk bersantai bareng keluarga.

Pernah singgah ke sini? Atau baru penasaran mau kesini? (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.