Info Travel

Pesona Pulau Umang, Siapa yang Bisa Menolak?

BISNISBANTEN.COM – Pulau eksotis di ujung Pandeglang, Banten ini memang pernah terkena tsunami pada 22 Desember 2018. Namun saat ini pulau dengan luas sekitar 9.160 km2 ini sudah berbenah dan mempercantik diri. Ya Pulau Umang sudah siap dikunjungi.

Pulau yang berada di wilayah administrasi Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten ini terkenal dengan panorama alam yang indah. Pulau ini sudah lama dijadikan destinasi wisata mewah di kawasan Selat Sunda.

Berkunjung ke tempat ini seperti sedang berlibur di pulau pribadi alias private island. Pulau ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pasangan muda untuk berbulan madu.

Advertisement

Di pulau yang pada 2019 termasuk dalam jajaran tempat wisata terbaik di Banten ini memiliki pantai yang terhitung bersih dari polusi dan sampah. Air laut yang biru dan jernih sebening kristal menambah daya tarik pulau ini.

Belum lagi air lautnya yang dingin dan segar saat menyelam. Cocok bagi penggemar snorkeling.

Pulau dengan ikon bangunan dengan atap kerucut seperti keong berlapis ini dikelilingi pasir putih halus, tersebar hampir di seluruh pantai. Dari kejauhan atau dilihat dari atas membuat pulau seperti mengambang ketika sedang pasang.

Advertisement

Untuk menuju ke pulau ini, jarak dari Jakarta sekitar 183 km dan dapat ditempuh sekitar 5 – 6 jam. Dari Jakarta, dapat melalui rute menggunakan kendaraan pribadi ke arah Merak-Labuan-Taragong-Citeurup-Cigeulis-Cimanggu hingga Sumur.

Sesampainya di Kecamatan Sumur, reservasi di gedung perwakilan hotel. Dari sana akan diarahkan menggunakan speedboat selama kurang lebih delapan menit untuk menyeberang ke Pulau Umang. Biaya yang diperlukan untuk menyeberang ke Pulau Umang sekitar Rp 100 ribu per orang. Kendaraan pribadi yang dibawa, bisa diparkir di area reservasi hotel.

Tidak hanya menikmati keindahan alam, di Pulau Umang pun kamu bisa menikmati wahana permainan air seperti jetski atau banana boat. Bisa juga diving atau snorkeling untuk menikmati keindahan ragam biota laut di sini. Bagi yang gemar memancing, bisa menyewa kapal ke tengah laut ataupun memancingnya dari tepi pantai.

Untuk penginapan, tersedia berbagai macam jenis mulai dari resort, rumah panggung, dan sebagainya. Di Pulau Umang Resort, perlu menyiapkan budget sekitar Rp1,2 untuk dapat menginap per malam di suite room.

Fasilitas yang diberikan cukup lengkap seperti layanan pijat dan spa, kolam renang outdoor, layanan kamar, taman, biliar, area parkir yang luas, ruang rapat dan restoran dengan masakan seafood yang lezat. Tersedia juga sunset lounge yang bisa digunakan untuk melihat keindahan sunset dari Pulau Umang.

Oh ya, bisa juga memilih untuk berkemah karena pantai ini menyediakan camping ground cukup luas dan aman. Suasana yang cukup tenang yang jauh dari kebisingan akan menciptakan kesan tersendiri.

Pulau Umang, Pulau Oar, dan Pulau Mangir terlihat jelas dari bibir Kampung Cisii, Desa Tangliksari, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang. Pulau Umang merupakan terbesar di antara ketiganya.

Itulah Pulau Umang yang mengusung konsep bak private island. Sekali menginjakkan kaki ke sini membuat nyaman dan enggan pulang ke rumah. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.