Lifestyle

Penyebab Tenggorokan Kering dan Cara Mengatasinya

BISNISBANTEN.COM – Tenggorokan kering adalah kondisi di mana tenggorokan terasa kering, gatal, dan sakit.

Tenggorokan kering adalah kondisi yang umum dan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Tenggorokan kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk laringitis, mulut kering, dehidrasi, penggunaan suara yang berlebihan, dan beberapa kondisi medis lainnya.

Berikut adalah beberapa penyebab utama tenggorokan kering dan cara mengatasinya:

Advertisement

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyebab paling umum dari tenggorokan kering. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup cairan, produksi air liur berkurang, sehingga tenggorokan terasa kering.

Minumlah setidaknya 8 gelas air per hari. Anda juga bisa mengonsumsi minuman elektrolit untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Lingkungan Kering

Advertisement

Udara kering, terutama di musim dingin ketika pemanas ruangan digunakan, dapat mengurangi kelembapan di udara dan menyebabkan tenggorokan kering. Gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan.

Menggunakan tanaman indoor yang membantu meningkatkan kelembapan juga bisa menjadi solusi.

3. Alergi

Alergi terhadap debu, serbuk sari, atau bulu hewan peliharaan dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada tenggorokan. Identifikasi dan hindari alergen penyebab. Menggunakan antihistamin bisa membantu meredakan gejala alergi.

4. Penyakit dan Infeksi

Beberapa penyakit seperti pilek, flu, dan radang tenggorokan dapat menyebabkan tenggorokan terasa kering dan iritasi. Istirahat yang cukup dan konsumsi obat sesuai anjuran dokter. Berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu meredakan iritasi.

5. Kebiasaan Merokok

Asap rokok mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi dan mengeringkan tenggorokan. Cara mengatasinya cobalah untuk mengurangi atau berhenti merokok dapat secara signifikan mengurangi gejala tenggorokan kering. Konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk bantuan dalam berhenti merokok.

6. Penggunaan Obat-obatan

Beberapa obat seperti antihistamin, dekongestan, dan obat tekanan darah tinggi dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan kering sebagai efek samping. Diskusikan dengan dokter tentang alternatif obat atau cara mengatasi efek samping ini.

7. Mengorok

Mengorok atau bernapas melalui mulut saat tidur dapat menyebabkan tenggorokan kering. Cobalah menggunakan pelembap udara di kamar tidur dan mempertimbangkan alat bantu tidur yang dapat membantu mengurangi kebiasaan mengorok.

Mengidentifikasi penyebab tenggorokan kering adalah langkah pertama dalam mengatasinya.

Dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup, Anda bisa mengurangi gejala dan menjaga kesehatan tenggorokan.

Jika tenggorokan kering terus berlanjut atau disertai gejala lain yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.(Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA