Lifestyle

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Panda

BISNISBANTEN.COM – Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata adalah masalah umum yang sering membuat wajah terlihat lelah dan kurang segar.

Mata panda adalah masalah yang umum terjadi, tetapi dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup, Anda dapat mengurangi tampilannya dan mendapatkan kulit yang lebih segar dan sehat.

Tidur yang cukup, hidrasi yang baik, dan perawatan kulit yang tepat adalah kunci utama untuk mengatasi mata panda.

Advertisement

Jika perlu, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional untuk solusi yang lebih efektif.

Mata panda bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan berikut adalah beberapa penyebab utamanya serta cara mengatasinya.

Penyebab Mata Panda

1. Kurang Tidur

Kurang tidur adalah penyebab paling umum dari mata panda. Saat tidak mendapatkan cukup tidur, kulit di sekitar mata menjadi pucat, sehingga pembuluh darah di bawah kulit lebih terlihat.

Advertisement

2. Stres

Stres yang berkepanjangan dapat mempengaruhi kesehatan kulit, termasuk area di bawah mata, yang menyebabkan lingkaran hitam.

3. Genetika

Faktor keturunan juga memainkan peran dalam munculnya mata panda. Jika orang tua atau anggota keluarga dekat memiliki lingkaran hitam, kemungkinan besar Anda juga akan memilikinya.

4. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis dan kehilangan elastisitasnya, membuat pembuluh darah di bawah mata lebih terlihat.

5. Alergi

Alergi dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan di sekitar mata, yang pada gilirannya bisa memicu munculnya lingkaran hitam.

6. Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan dapat membuat kulit di sekitar mata terlihat kusam dan cekung, memperjelas lingkaran hitam.

7. Paparan Sinar Matahari

Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi melanin di kulit, yang bisa memperparah lingkaran hitam di bawah mata.

Cara Mengatasi Mata Panda

1. Tidur yang Cukup

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup, yaitu sekitar 7-9 jam per malam. Tidur yang cukup membantu memperbaiki kulit dan mengurangi tampilan mata panda.

2. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menyempitkan pembuluh darah yang melebar di bawah mata. Gunakan kain bersih yang telah direndam dalam air dingin atau sendok yang didinginkan di kulkas.

3. Hidrasi yang Cukup

Minum banyak air untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih segar dan sehat.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin K, dan zat besi, yang baik untuk kesehatan kulit.

5. Gunakan Krim Mata

Gunakan krim mata yang mengandung bahan-bahan seperti retinol, vitamin C, atau hyaluronic acid yang dapat membantu mencerahkan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

6. Hindari Paparan Sinar Matahari Berlebih

Gunakan tabir surya dan kacamata hitam untuk melindungi kulit di sekitar mata dari kerusakan akibat sinar UV.

7. Perawatan Alami

Anda bisa mencoba bahan-bahan alami seperti irisan mentimun atau kantung teh bekas yang didinginkan. Letakkan di atas mata selama 10-15 menit untuk efek menenangkan dan menyegarkan.

8. Kurangi Konsumsi Garam

Mengurangi asupan garam dapat membantu mencegah retensi cairan yang bisa menyebabkan pembengkakan di bawah mata.

9. Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol dapat mempercepat penuaan kulit dan menyebabkan dehidrasi, yang memperparah mata panda.

10. Konsultasi dengan Dokter

Jika mata panda Anda tidak kunjung hilang meskipun sudah mencoba berbagai cara, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau spesialis kecantikan untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif, seperti terapi laser atau pun lainnya. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA