Keuangan

Penuhi Kebutuhan Jelang Akhir Tahun, BI Banten Siapkan Uang Rp3 Triliun

BISNISBANTEN.COM — Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang akhir tahun, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten menyediakan uang kartal sebanyak Rp3 triliun. Tidak bisa dipungkiri menjelang akhir tahun, kebutuhan masyarakat biasanya mengalami peningkatan.

“Sesuai dengan demand, kebutuhan akhir tahun memang meningkat termasuk kebutuhan uang kartal,” kata Kepala KPw BI Banten Erwin Soeriadimadja saat ditemui usai acara Peresmian Piloting Project SIAP QRIS di Mall of Serang, Rabu (17/11).

Menurutnya, hingga saat ini, sekitar 10,8 triliun uang kartal yang beredar di Provinsi Banten atau sekitar 80 persen dari persen yang mencapai 13,8 triliun. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BI Banten juga akan membuka layanan penukaran dan termasuk penukaran perbankan yang bekerja sama BI yakni ada sekitar 11 bank. BI Banten juga akan membuka layanan penukaran di daerah terutama yang terpencil, terluar, dan terdalam.

Advertisement

Ia berharap, uang kartal yang disiapkan BI Banten ini bisa terserap maksimal oleh perbankan sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan baik. Pada tahun ini, BI Banten menyediakan uang kartal lebih banyak yakni Rp13,8 triliun dibandingkan tahun sebelumnya terealisasi sekitar Rp10 triliun. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com