Investasi

Pemula Wajib Tahu, Ini 3 Cara Investasi Emas Biar Makin Cuan

BISNISBANTEN.COM – Investasi emas bisa jadi pilihan bagi para generasi muda atau pemula yang ingin belajar investasi.

Emas bisa dikatakan sebagai pilihan investasi yang lebih aman, minim risiko, dan menguntungkan dalam jangka panjang.

Tapi saat menginvestasikan uang ke emas, ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar investasi bisa berbuah manis atau cuan di masa mendatang.

Advertisement

Berikut cara tepat investasi emas seperti yang dikatakan oleh COO Lakuemas, Geoffrey Aten di Dazzling Jewelery Festival 2023, baru-baru ini.

1. Investasi emas pakai uang “dingin”

Geoffrey menyarankan bagi para pemula atau generasi muda yang ingin belajar investasi emas sebaiknya menggunakan uang “dingin”.

Uang “dingin” yang dimaksud ini adalah uang tabungan yang benar-benar tidak terpakai dan bisa disisihkan dari penghasilan serta tidak dicampur aduk dengan uang yang dipakai untuk kebutuhan pokok harian, mingguan hingga bulanan.

Penggunaan uang “dingin” juga bertujuan agar tidak selalu berharap dengan hasil investasinya dalam jangka pendek.

2. Mencicil emas digital

Jika mempunyai anggaran dana yang sedikit tapi sudah berniat untuk investasi emas, ada baiknya kita menerapkan teknik mencicil. Mencicil emas saat yang dapat menguntungkan sudah bisa dilakukan melalui emas digital.

“Emas digital kenapa harganya beda dengan emas fisik, karena harganya tanpa biaya sertifikat. Biaya sertifikat itu akan ada ketika kita ingin mengubah tabungan digital ke emas fisik,” ujar Geoffrey.

Dengan membeli emas digital, setidaknya pengeluaran untuk berinvestasi tidak akan terlalu besar karena tidak akan terkena biaya sertifikat.

3. Mencicil emas fisik secara teratur

Cara ini bisa membuat investasi lebih menguntungkan, yaitu dengan mencicil emas fisik secara teratur.

Metode paling simpelnya adalah tidak menghabiskan semua uang itu untuk membeli emas di hari yang sama. (Dhori)

Advertisement
LANJUT BACA