Keuangan
Trending

Pekerja Harus Waspada! Ini ‘Biang Kerok’ yang Bikin Gaji Cuma Numpang Lewat

BISNISBANTEN.COM — Selain untuk meningkatkan kualitas diri, kita bekerja tentunya juga untuk mengejar tujuan finansial. Tanggal gajian pasti yang paling dinanti oleh banyak orang, khususnya kamu kaum pekerja.

Gajian adalah hal paling dinanti untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti bayar sewa kontrakan, cicilan rumah atau kendaraan, hingga untuk kebutuhan diri, investasi, sampai menghidupi keluarga.

Tidak jarang, selain beberapa kebutuhan di atas, uang hasil jerih payah sering cepat menipis. Mungkin kamu tidak sadar, namun pada kenyataannya, pola kehidupanmu bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kantong kamu cepat kering, lho! Berikut ini beberapa penyebab yang buat uang gajianmu cuma numpang lewat. Mari kita cek satu per satu!

Advertisement

1. Gaya Hidup

Saya meletakkan faktor ini di urutan nomor satu bukan tanpa sebab. Kenyataanya, godaan untuk mengikuti tren memang sering menjadi biang keladi yang membuat dompetmu kembang-kempis. Apalagi kamu yang tinggal di perkotaan, akses internet serta gaya hidup lingkunganmu menuntut kamu untuk termakan godaan belanja online. Memenuhi hasrat jiwa sosialita juga menambah daftar alasan mengapa gaya hidup seringkali menggerogoti uang gajianmu.

2. Utang

Utang dalam hal ini bukan hanya meminjam uang dari kerabat atau teman, melainkan cicilan-cicilan yang belum lunas. Kebutuhan akan rumah dan kendaraan memang sangat dapat dipahami, namun akan lebih baik jika mengambil cicilan yang sesuai dengan kemampuanmu sehingga uang kamu tidak habis setelah gajian. Selain itu, selama masih memiliki utang atau cicilan yang sudah terlanjur, maka jangan sampai menambah jumlah utang yang dimiliki.

3. Aliran Uang Tidak Jelas

Ini termasuk salah satu kesalahan yang sering dilakukan kebanyakan orang. Uang gajimu habis tak bersisa tanpa tahu ke mana perginya. Solusinya, cobalah untuk hidup teratur, termasuk dalam hal finansial. Jika hal ini terus terjadi, sebaiknya lakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran yang terjadi setiap bulan. Saat mengetahui ke mana aliran uang keluar, kamu bisa lebih mudah mengevaluasi pengeluaran berlebihan yang dilakukan. Dengan keuangan terorganisir, kamu akan cenderung memprioritaskan membeli hal yang penting dari gaji kamu.

4. Kecemburuan Sosial

Tak jauh beda dengan poin pertama tadi, iri melihat kehidupan dan seisinya dari kerabat atau teman kamu menjadi suatu pengaruh yang buruk. Dengan begitu, pastinya gaya hidupmu akan melebihi kemampuan finansialmu. Orang bilang, besar pasak daripada tiang. Sebaiknya selalu lakukan kontrol diri dengan baik dan kendalikan emosi agar tidak timbul rasa iri dengan orang lain. Ingat, kamu memiliki keluarga untuk dihidupi, bukan perhatian orang lain atas gaya hidupmu, lho!

Nah itu dia penyebab yang buat gaji kamu hilang tanpa jejak. Selain kontrol diri, kamu juga bisa melakukan membuat anggaran setiap bulannya hingga menentukan tujuan keuanganmu.

Tidak perlu repot-repot mencatat secara manual, kamu bisa memanfaatkan platform pencatatan keuangan Sribuu. Dengan Sribuu, kamu akan sangat terbantu dalam mengatur gaji dengan mudah, mulai dari pencatatan otomatis sampai mengatur budget untuk pengeluaranmu.

Aplikasi besutan anak negeri ini bisa kamu unduh melalui Google PlayStore bagimu pengguna smarphone android maupun AppStore untukmu pengguna iPhone. (Chogah)

Advertisement
LANJUT BACA

Setiawan Chogah

CEO dezainin.com dan founder dezain.institute. Seorang microblogger yang kerap mengulas topik pengembangan diri dan tips keuangan di Instagram @setiawanchogah.