Perbankan

OJK Bentuk Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Provinsi Banten


BISNISBANTEN.COM — Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Banten membentuk Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Provinsi Banten. Forum ini diresmikan oleh Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Dhani Gunawan Idat di Le Dian Hotel and Cottages, Kota Serang, Rabu (9/9).

Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Dhani Gunawan Idat mengungkapkan, FKIJK merupakan sarana yang baik sebagai forum komunikasi koordinasi antara Industri Jasa Keuangan dengan regulator. Ini dalam rangka mempercepat akses keuangan kepada masyarakat dan UMKM. “Serta mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera,” katanya.

Ia berharap, FKIJK Provinsi Banten ini tidak berhenti hanya sampai pada pembentukannya. Namun lebih penting dari itu adalah pembentukan FKIJK harus ditindaklanjuti dengan program kerja yang dilakukan secara berkelanjutan sesuai dengan tujuannya. “Yaitu perluasan dan percepatan akses keuangan masyarakat di wilayah Provinsi Banten,” harapnya.


Ia menjelaskan, selain mendukung akses keuangan kepada masyarakat, juga bisa dalam bentuk program lainnya seperti kemitraan dengan pemerintah daerah dan edukasi serta literasi keuangan kepada masyarakat. Selain itu, menghubungkan masyarakat dengan lembaga jasa keuangan formal.
“Selain itu, melalui koordinasi FKIJK ini diharapkan dapat mempermudah
koordinasi, monitoring, dan evaluasi terhadap implementasi Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya di sektor jasa keuangan,” katanya.


Ia menambahkan, kondisi pandemi COVID-19 ini tidak mengurangi semangat dan upaya regulator dan Industri Jasa Keuangan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mendorong perekonomian daerah. FKIJK Provinsi Banten dibina langsung oleh Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten.

Sedangkan untuk kepengurusan FKIJK Provinsi Banten melibatkan seluruh Industri Jasa Keuangan di Provinsi Banten mulai dari perbankan, pasar modal, maupun dari industri keuangan non bank. Keberagaman ini bukan menjadi hambatan namun sebaliknya yaitu merupakan potensi yang besar untuk saling melengkapi bersinergi membangun sektor jasa keuangan.
“Ini dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat terutama dalam menghadapi kondisi-kondisi tak terduga seperti pandemi COVID-19 yang kita alami saat ini,” katanya.

Sabarudin yang merupakan Direktur EPK Kantor Regional OJK Provinsi DKI dan Banten dipercaya sebagai ketua umum dan Kepala Kanwil Pegadaian Prov Banten Hakim sebagai Ketua I. Acara ini juga dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Erwin Soeriadimadja, Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia Fadli Fatah, Kepala Bank Panin KCU Serang Muhammad Rony Rochim, dan lainnya. (susi)

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com