InspirasiKulinerYoungpreneur

Nganggur? Bingung Mau Usaha Takut Tidak Laku? Ini Tips Solusinya Buat Milenial

BISNISBANTEN.COM – Kamu pengangguran? Mau kerja tapi tidak tahu kerja apa, mau usaha bingung usaha apa? Tenang, Khoirunnisa Setyaningrum punya tips dan solusinya buat kamu, terutama bagi kaum milenial.

Milenial asal Serdang, Waringin Kurung, Kabupaten Serang ini juga sempat mengalami hal sama dengan yang dialami sebagian milenial. Tetapi, kini perempuan yang akrab disapa Nisa ini telah bekerja di salah satu perusahaan media di Banten, sambil menjalankan usahanya yang berbasis online.

Nisa menceritakan, sempat mengalami kebingungan yang membuat otaknya stress, karena setelah lulus kuliah di UII Jogja, ia malah menganggur dan bingung apa yang akan dilakukan.

Advertisement

Karena tidak ingin lagi membebani orang tua dalam memenuhi kebutuhannya, ia berpikir keras agar bisa menghasilkan uang sendiri, dan tidak lagi meminta kepada orang tua. Ia pun memutusakan untuk memulai usaha.

“Aku kuliah dibiayain orang tua kan, setelah lulus kuliah itu aku masih suka main, tapi sungkan mau minta uang lagi sama orang. Akhirnya aku mutusin buat jualan salad buah, aneka dessert, aku cari dan bikin resepnya sampai betul-betul enak dan layak dijual,” ungkap Nisa.

Di awal usaha, ia menawarkan produk jualannya ke saudara-saudaranya, dan tetangga komplek rumahnya, juga melalui online. Perjuangannya pun berbuah hasil. Produknya mendapat respons positif dari para costumer.

Produk salad buah milik Nisa yang dinamai Jang-Jang Fruitbar itu kini dalam sebulan, bisa memproduksi sampai kurang lebih 500 cup salad buah. Nisa pun bisa meraup omzet kurang lebih Rp15 juta dalam sebulan.

Advertisement

“Biasanya seusia 20-25 tahun itu bingung mau usaha apa, takut mau usaha, nanti jualannya laku apa enggak ya? Aku saranin jangan punya pikiran begitu, harus putusin, dan berani action memulai usaha, apapun itu,” ucap milenial berusia 25 tahun itu.

Ia mengajak milenial khususnya di Kabupaten Serang dan sekitarnya, agar jangan terlalu fokus mencari uang melalui menjadi karyawan di perusahaan tertentu.

“Siapa tahu kan dari usaha yang dijalaninya ternyata bisa sukses, maju, dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak, itu sih yang ingin aku sampaikan,” pungkas marketing di salah satu media massa online di Banten itu. (Haris/Hilal)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
LANJUT BACA

Jimi

Wartawan di bisnisbanten.com