Kuliner

Mirip Getuk, Ini Loh Fufu Kuliner Khas Afrika Yang Bikin Netizen Penasaran

BISNISBANTEN.COM – Setiap tahunnya, ada saja tren kuliner yang bermunculan dan menjadi viral dan membuat fomo di kalangan masyarakat. Kini, viral kembali makanan khas Afrika bernama fufu.

Sebelumnya, kuliner ini juga telah viral dibagikan oleh konten kreator asal Afrika yang kerap menyajikan konten mukbang fufu.

Selain namanya yang unik, kuliner ini juga memiliki tampilan, aroma, dan rasa yang unik karena banyak TikToker Indonesia tertarik mencoba dan membuat konten tentangnya.

Advertisement

Bentuk makanan ini nampaknya tak asing di Indonesia seperti getuk asal Jawa, namun berupa memiliki bentuk gumpalan ukuran yang lebih besar lagi. Teksturnya juga terlihat lebih elastis dan kenyal. Lantas terbuat dari apakah fufu?

Melansir dari Fine Dining Lovers, rupanya fufu merupakan makanan pokok masyarakat Afrika Barat dan Karibia. Biasanya, menu ini disajikan dengan makanan pendamping sup atau semur.

Bentuknya seperti getuk, fufu juga berbahan dasar dari singkong, ubi, atau bahan makanan bertepung lainnya seperti jagung, semolina, beras, pisang, atau kombinasi 2 atau lebih makanan tersebut.

Teksturnya yang elastis, dihasilkan setelah ditumbuk halus dan dicampur dengan sedikit air.

Advertisement

Namanya yang unik juga rupanya memiliki sejarah panjang. Nama ‘fufu’ diambil dari bahasa Twi yang dipakai oran-orang Akan di bagian pusat dan selatan Ghana. Arti ‘fufu’ adalah ‘menumbuk atau mencampur’ yang merujuk pada cara membuat makanan ini.

Memiliki cita rasa yang cenderung tawar ini membuat fufu paling pas disandingkan dengan hidangan sup khas Afrika yang rasanya kuat.

Salah satu yang terkenal, egusi. Sup ini dibuat dengan biji melon yang dihaluskan lalu diisi banyak sayuran daun. Egusi diberi aneka bumbu rempah sehingga banyak netizen TikTok menyamakan rasanya mirip gulai khas Indonesia.

Paduan fufu dan egusi banyak disebut enak. Memakannya disarankan pakai tangan langsung. Fufu idealnya dijadikan ‘sendok’ untuk mengambil sup. Egusi bisa sedikit ditekan hingga menghasilkan cekungan sehingga kuah sup pun bisa terambil. Gimana tertarik coba? (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA