Kuliner

Merayakan 1 Tahun, K-eumsik Bikin Kimchi Workshop

BISNISBANTEN.COM — Wah, K-eumsik Korean Fan Cafe ternyata sudah satu tahun loh. Untuk merayakannya, resto di Jalan Ahmad Yani no.111A, Kota Serang, Banten ini menggelar workshop membuat kimchi.

Kegiatan yang berlangsung di lantai atas K-eumsik, Sabtu (03/04/2021) dimulai pukul 14.00 WIB.

Kimchi dipilih menjadi salah satu makanan untuk workshop ini karena termasuk yang dikenal banyak orang di Indonesia. Kimchi ini adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi sawi putih dan lobak yang diberi bumbu pedas. Ciri khas kimchi adalah warnanya yang merah karena penggunaan bubuk cabai.

Advertisement

Sampai sekarang, kimchi menjadi sajian yang wajib ada di meja makan orang Korea loh. Bagi mereka di sana, rasanya kalau tidak ada kimchi makan jadi kurang lengkap.

Selain dimakan langsung, kimchi sering dijadikan bumbu tambahan pada masakan lain, misal sup kimchi atau nasi goreng kimchi. Bahkan, makanan ini juga menjadi topping dan isian makanan populer seperti pizza, pancake, atau burger.

“Itulah berbagai alasan kenapa kami mengisi anniversari K-eumsik yang pertama ini dengan workshop membuat kimchi,” jelas Lingling, Event & Marketing K-eumsik.

Oh ya, kimchi termasuk menu yang tersedia di K-eumsik. Dan termasuk makanan yang bisa di preorder dari K-eumsik serta bisa diantar ke rumah. Bukan hanya di Banten tapi juga ke Jakarta, Bekas, bahkan Bandung. Harga per 250 gram kimchi dibanderol 25k, pilihan lain untuk ukuran 500 gram dibanderol 50k.

Advertisement

“Workshop kimchi yang dipandu Chef Wina ini keren banget, kita jadi tahu cara bikin kimchi, jadi gak cuma bisa makannya doang. Kata chefnya, kimchi buatan Zaka paling enak,” tutur Zaka Muzakillah, Zetizen Icon Literasi 2019 yang mengikuti workshop kimchik.

Sejak buka tahun lalu, K-eumsik hadir dengan nuansa Korea dengan spot foto instagramable dan menu Korea yang memanjakan kpopers dan kdrama lovers. Selain area bersantap sambil bersantai, di sini juga terdapat meeting room dan smoking area. K-eumsik menjadi kedai makanan pertama dan satu-satunya saat ini di Kota Serang yang menyajikan nuansa Korea.

Untuk menu, berbagai cemilan, minuman, hingga makanan berat dan barbeque grill serba Korea tersedia di sini.

Asisten Manajer Keumsik Laura Yuliani dalam sebuah wawancara menjelaskan, Keumsik berasal dari singkatan Korean food atau makanan Korea.

“Jadi huruf K itu singkatan dari Korean dan Eumsik itu artinya makanan, jadi korean food atau makan khas Korea,” katanya.

Menyambut Ramadan, K-eumsik juga menyiapkan program Ramadan in K-eumsik loh. Ada menu tumpeng mini Korea dan menu ala carte buy 3 get 1 free snack. Bagaimana? Tertarik datang ke sini? (hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.