Kuliner

Menikmati Soto Ceker di Pinggir Jalan Raya Cilegon Kuahnya Sueger

BISNISBANTEN.COM – Meski tidak secara spesifik mencantumkan nama di depan gerobak warung tendanya, tidak mengurangi kelezatan soto ceker yang disediakan loh. Warung tenda sederhana ini ada di depan area Masjid Al-Hadid, simpang tiga Cilegon, Banten.

Buka mulai sore sampai malam, warung tenda ini menyediakan aneka menu. Seperti yang tertulis di depan gerobak, tersedia nasi goreng, pecel ayam, pecel lele, soto ceker, soto ayam, Indomie rebus dan goreng. Dari sekian banyak menu, soto ceker termasuk favorit. Satu porsi dalam satu mangkuk terisi penuh ceker ayam.

Ceker ayam merupakan bagian kaki ayam yang lazim dikonsumsi. Hidangan ini ditemukan di berbagai kuliner Asia, Eropa Timur, Afrika, Karibia, dan Amerika Latin. Ceker ayam ditemukan dalam seni masakan Tionghoa, Indonesia, Korea, Thailand, Laos, Malaysia, Filipina, Vietnam, Jamaika, Trinidad dan Tobago, Rusia, Rumania, Afrika Selatan, Peru, Meksiko.

Advertisement

Pada ceker ayam ini tidak terdapat otot atau daging, jaringan yang dapat dimakan antara lain kulit dan tendon (urat). Beberapa orang masih menganggap ceker ayam sebagai bagian tubuh ayam yang menjijikkan dan kurang disukai. Berbeda halnya bagi yang menyukai, ceker ayam menjadi digemari karena teksturnya unik dan lembut, serta rasanya gurih. Terlebih lagi mengandung protein dan banyak gelatin.

Di Indonesia, ceker ayam lazim dijadikan sebagai makanan balita dan diolah sebagai soto atau sup. Sementara pada hidangan Tionghoa, ceker disajikan sebagai salah satu jenis dim sum. Ceker ayam dapat pula dipisahkan dari tulangnya dan digoreng hingga kering dan renyah menjadi keripik ceker ayam.

Olahan sop ceker ayam cocok disantap bagi yang kurang enak badan. Sajian berkuah bening ini terasa segar untuk melegakkan tenggorokan dan menghangatkan tubuh.

Advertisement

Resep sop ceker menjadi salah satu menu berkuah yang segar dan gurih. Untuk membuat sop ceker, bumbu dan rempah yang dibutuhkan mudah didapat. Hampir sama dengan sop ayam pada umumnya, hanya sop ini berbahan utama ceker ayam.

Biasanya, sop ceker memiliki isian wortel, kentang, daun bawang, kol, hingga seledri. Paling enak menyantap sop ceker ketika masih hangat. Tertantang menikmati sop atau soto ceker di sini? (Hilal)

Tinggalkan Komentar

Advertisement
Baca Selengkapnya

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.