Kuliner

Mengenal Kudapan Nyiru, Kuliner Tradisonal Khas Indonesia

BISNISBANTEN.COM – Membahas kuliner, Indonesia memang terkenal akan kulinernya yang beragam dan unik di seluruh daerah yang tersebar di Indonesia.

Kuliner khas mulai dari makanan berat, sedang, ringan bahkan kudapan tradisional tersedia beragam. Salah satu kudapan yang ada di Indonesia yang populer ini bernama kue nyiru.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu kue nyiru. Kue nyiru merupakan jenis kudapan tradisional yang disajikan di atas nyiru alias tampah.

Advertisement

Tampah sendiri adalah perabot rumah tangga yang terbuat dari anyaman bambu dan digunakan untuk menampi membersihkan beras.

Selain digunakan untuk menampi beras, tampah juga biasanya digunakan untuk menaruh kue-kue seperti kue nyiru. Jadi, kue nyiru adalah kudapan yang diletakkan di atas tampah atau nyiru.

Kue nyiru memiliki beragam varian rasa, seperti kue nyiru manis, gurih, pandan dan coklat yang tergantung permintaan dari konsumen.

Kudapan di Indonesia sangat beragam, baik dari sisi bahan maupun cara memasak. Biasanya, kue nyiru menggunakan beberapa bahan yang dominan terbuat dari beras, ketan, umbi-umbian, dan kelapa.

Advertisement

Untuk cara memasak kudapan ini juga beragam, misalnya direbus, dikukus, digoreng, dan dipanggang. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA