Kuliner

Mengenal Dancing Shrimp, Kuliner Yang Sempat Viral

BISNISBANTEN.COM – Untuk sebagian orang, mencoba makanan ekstrem merupakan sebuah adrenalin dan membuat penasaran untuk mencicipinya.

Akhir-akhir ini terdapat menu yang menyajikan makanan yang tidak biasa disantap oleh para pecinta kuliner. Bahkan hewan yang masih hidup pun mengundang rasa penasaran untuk mencicipinya.

Di Thailand, banyak sekali menghadirkan kuliner ekstrem nan nyeleneh. Namun, banyak masyarakat yang penasaran untuk mencobanya. Salah satunya, kuliner ini menghidangkan udang yang masih hidup dan diberi nama dancing shrimp.

Advertisement

Dancing shrimp merupakan makanan street food Thailand yang sangat populer tidak hanya di antara warga lokal tetapi wisatawan. Pasalnya makanan ini menyajikan udang hidup dengan campuran bumbu khas.

Seperti namanya “dancing shrimp” merupakan sajian udang hidup yang masih bergerak dan para pengunjung memakannya secara hidup-hidup. Tentunya sajian ini masuk daftar makanan ekstrim yang memiliki rasa bumbu khasnya.

Melansir dari beberapa sumber biasanya bumbu yang digunakan adalah bawang putih, cabe, kecap ikan, bawang merah, sereh, air jeruk nipis, daun bawang, kemangi, hingga daun ketumbar.

Meskipun rasanya enak, melihat video mereka mengingatkan akan bahaya atau dampak bagi kesehatan yang mungkin jarang dipikirkan oleh Anda. Udang dan cumi hidup alias mentah mengandung bakteri.

Advertisement

Sebuah studi pada 299 sampel udang mentah 55% mengandung spesies Vibrio itu berpotensi berbahaya yang bertanggung jawab atas kondisi seperti gastritis, kolera, dan infeksi.

Melansir Healthline, faktanya, lebih dari 90% kasus keracunan makanan disebabkan oleh Salmonella , E. coli , Vibrio , atau Bacillus yang semuanya dapat ditemukan pada udang mentah. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA