Kecantikan

Mengenal Dampak Memakai Bulu Mata Ekstension yang Sedang Jadi Tren Kecantikan Bagi Kesehatan

BISNISBANTEN.COM – Penggunaan bulu mata ekstension telah menjadi tren kecantikan yang populer di kalangan banyak orang, terutama bagi mereka yang menginginkan penampilan mata yang lentik.

Banyak orang yang rela mengeluarkan sejumlah uang hanya untuk memasang bulu mata tersebut.

Namun, ada beberapa dampak yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk memakainya.

Advertisement

1. Kerusakan Bulu Mata Asli

Pemasangan bulu mata ekstension yang tidak dilakukan dengan hati-hati atau terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada bulu mata asli. Bulu mata alami bisa menjadi rapuh, rontok, atau bahkan mengalami kerusakan permanen.

2. Iritasi dan Alergi

Bahan-bahan yang digunakan dalam pemasangan bulu mata ekstension, termasuk perekat dan bahan sintetis, dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada kulit di sekitar mata. Ini bisa berupa kemerahan, gatal, atau pembengkakan yang tidak nyaman.

Advertisement

3. Infeksi Mata

Jika proses pemasangan tidak steril atau jika perawatan bulu mata ekstension tidak dilakukan dengan benar, risiko terkena infeksi mata seperti konjungtivitis atau blefaritis meningkat. Bakteri atau kotoran yang terperangkap di antara bulu mata palsu dan alami dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

4. Ketidaknyamanan Saat Menggunakan Lensa Kontak

Bagi mereka yang menggunakan lensa kontak, bulu mata ekstension bisa mengganggu atau menyebabkan ketidaknyamanan. Bulu mata yang terlalu panjang atau tebal dapat berinteraksi dengan lensa kontak dan mengganggu penglihatan.

5. Biaya dan Perawatan

Pemasangan bulu mata ekstension bukanlah investasi sekali pakai. Perawatan rutin dan perbaikan berkala diperlukan untuk menjaga penampilan bulu mata tetap terlihat bagus. Ini dapat menjadi beban finansial dan memakan waktu. Selain itu, bulu mata extension bisa mengakibatkan kerontokan jika tidak rutin melakukan perawatan.

6. Ketergantungan

Penggunaan bulu mata ekstension secara teratur dapat membuat seseorang menjadi terlalu bergantung padanya untuk merasa cantik atau percaya diri. Ketergantungan semacam itu dapat mengurangi kepercayaan diri saat tidak menggunakan bulu mata ekstension, dan ini berdampak pada kesehatan psikologis.

Meskipun bulu mata ekstension dapat memberikan penampilan yang menarik, penting untuk mempertimbangkan dampak negatif yang mungkin timbul.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan bulu mata ekstension, pastikan untuk mencari orang profesional di bidangnya yang berkualitas dan perhatikan perawatan bulu mata yang baik untuk menjaga kesehatan dan penampilan mata Anda. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA