Investasi

Maraknya Investasi Bodong, BEI Edukasi Siswa/i Melalui Eduvisit 2024

BISNISBANTEN.COM – Di tengah maraknya investasi bodong, Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui Education visit yang diselenggarakan oleh Bisnisbanten mengedukasi para siswa dan siswi SMKN 1 Padarincang pada Selasa (13/2/2024).

Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Banten, Fadli Fatah menyampaikan pada audience pentingnya belajar dan memahami pasar modal dimasa kini.

Advertisement

“Kenapa kita perlu belajar investasi? Karena pembelajaran bisnis dan keuangan disekolah hanya belajar teori saja belum prakteknya di industri pasar model. Saat ini kita sedang belajar mindset pembelajaran bisnis dan keuangan. Terlebih, saat ini banyak sekali marak Investasi bodong baik investasi dan arisan,” ujar Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Banten, Fadli Fatah.

Pada kesempatan tersebut, Fadli Fatah juga memaparkan banyak hal mengenai investasi, pasar modal, menjelaskan struktur pasar modal, konsep dasar saham hingga mengenalkan berbagai jenis produk saham dan obligasi.

Selain memaparkan materi mengenai pasar modal dan investasi, Fadli juga menyampaikan bahwa negara Indonesia kini sudah terlibat dalam pasar modal baik sebagai investor atau konsumen. Hanya saja, penduduknya masih banyak yang belum terlibat pada pasar modal.

Advertisement

Berbeda halnya dengan negara Singapura, 20 persen dari mayoritas penduduknya sudah terlibat pasar modal dan berinvestasi. Sedangkan di Korea, terdapat 40 persen dari penduduk sudah terlibat pasar modal dan berinvestasi.

“Makanya di Korea tak heran ada drama yang menyuguhkan drama dengan genre pasar modal, seperti Start Up dan Itaewon Class dan masih banyak lagi. Bagi yang penasaran dengan pasar modal, bisa juga menonton drama ini untuk memotivasi dan pemahaman sedikitnya,” jelasnya.

Kegiatan roadshow ini disambut baik oleh Kepala SMKN 1 Padarincang, Sunaryah dengan harapan para siswa dan siswi yang hadir mendapatkan ilmu manfaat yang baik, dipahami serta diterapkan. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA