Inspirasi

Manusia Yang Lalai Dengan Waktu

BISNISBANTEN.COM – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Tuhan yang maha esa yang sudah memberikan berbagai rezeki dan kemudahan, sehingga kita bisa berkumpul di hari yang insya Allah diberkahi-Nya.

Tidak lupa, selawat serta salam mari kita kirim kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, seorang tauladan sejati dan tokoh yang wajib kita teladani.

Advertisement

Manusia Yang Lalai Dengan Waktu.

Mengenai waktu, semua manusia di bumi ini mempunyai durasi yang sama, yakni 24 jam dalam sehari. Namun yang membedakan, ada orang yang memanfaatkan waktu sebaik mungkin, ada pula orang yang abai atau lalai dengan waktu.

Orang yang lalai ini merasa hidupnya panjang dan bisa melakukan berbagai kebaikan di lain hari. Rasul pun dalam sebuah hadis sudah memberi tahu, jika ada dua buah nikmat yang dilupakan oleh manusia, pertama adalah kesehatan, dan kedua adalah waktu luang.

“Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu dengan keduanya, yaitu kesehatan dan waktu luang,” (HR. Al-Bukhari)

Advertisement

Hadits tersebut memberikan peringatan, kalau ternyata dengan abai terhadap waktu, itu sebenarnya kita telah tertipu. Padahal, jika waktu bisa dimanfaatkan dengan baik, kita akan mendapat banyak manfaat.

Terlebih lagi, jangan sampai kita mengerjakan berbagai amalan sampai menunggu umur tua. Sebab, kita tak pernah tahu kapan ajal menjemput. Bisa hari ini, besok, atau minggu depan. Oleh sebab itu, mari kita manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

Syukuri nikmat waktu yang diberikan Allah dengan melakukan hal-hal positif. Semoga tulisan ini ber-manfaat.

Nuun Walqolami Wamaa Yasthurun,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ustadz H Dedi Al Ghifary, S.Pd.I
Pimpinan MT An Nahl Cendikia dan Praktisi Dakwah Kota Serang

Editor: Nizar

Advertisement
LANJUT BACA

Nizar Solihin

Hobi musik, olahraga, dan traveling. Berjiwa solidaritas, pekerja keras, totalitas dan loyalitas tanpa batas. Motto 'Selalu Optimis'. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2013