Kuliner

Mampir ke Kedai Durian Bu Senen, Ada Banyak Jenis Durian Loh

BISNISBANTEN.COM – Musim durian memang sudah berakhir, tapi jangan khawatir ada tempat yang recommended banget nih buat yang masih pengen makan durian. Namanya Durian Bu Senen.

Berlokasi di Cilacap, Cilegon, Durian Bu Senen ini menjual berbagai jenis durian dan olahan duriannya. Seperti durian montong, musangking, lokal, pancake durian, dan lainnya.

Iis Sukino, owner dari Durian Bu Senen menceritakan, ia meneruskan bisnis kuliner yang awalnya adalah milik orangtuanya ini pada 18 Januari 2020.

Advertisement

“Ya awalnya usaha orang tua, terus saya ngebantu promosi lah, kan karna orang tua promosinya agak sulit ya. Terus saya kasih nama orangtua saya sendiri ini tokonya, biar berkah dan langgeng,” ujar Iis, Selasa (22/12/2022).

Iis menjual semua jenis durian itu dari hasil kebunnya. Berbagai jenis durian seperti durian bawor, premium, lokal, musangking, montong dan lainnya memang sudah tersedia dan tertanam di kebunnya.

Iis memiliki semua jenis pohon durian tersebut karena di tempatnya terdapat sentra pembibitan durian, yang salah seorang dari komunitas tersebut membawa bibit dari Malaysia kemudian bibit tersebut di perbanyak.

Advertisement

Iis juga menanam durian unggulan yang sudah tervalidasi atau diakui lokal maupun mancanegara seperti oji dan musangking.

Lebih lanjut, Iis menjelaskan, ada jenis durian dari hasil pencampuran antara jenis-jenis durian lokal unggulan, yaitu durian bawor.

“Bawor itu di atasnya montong, jadi warnanya lebih oren, rasanya juga ada pahitnya, tidak seperti montong yang hanya manis. Durian bawor juga ketahanan kulitnya lebih tahan dibanding durian lokal,” jelas Iis.

Untuk harga yang Iis pasarkan itu tergantung dengan kualitas, ukuran, timbang, dan kulitnya.

“Dari montong itu saya jual Rp100.000 per kilo, untuk Bawor Rp175.000 per kilo, Musangking dari Malaysia yang impor Rp450.000 per kilo, dan kalau untuk Oji itu Rp550.000 lah per kilo, terus untuk durian Lokal premium kita jual antara Rp50.000 – Rp70.000 per kilo. Terus berat durian Oji sama Musangking itu berat rata-ratanya satu setengah kilo sampai tiga kiloan, Kalau Bawor range berat antara dua kilo sampai lima kilo sama kaya Montong,” terang Iis.

Selain menjual durian dan olahan duriannya, @durian.busenen juga menjual bibit durian lho. Harganya tergantung dengan masing-masing jenis durian. (Dhori)

Advertisement
LANJUT BACA