UMKM

Majukan Pelaku UMKM, Ini yang Peserta KKN STIE Prima Graha Lakukan

 

BISNISBANTEN.COM – Ratusan mahasiswa sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Prima Graha, dilepas ke daerah pelosok desa di Wilayah Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Sabtu (28/7).

Beberapa kegiatan yang dilakukan para peserta KKN STIE Prima Graha ini yakni terlibat dalam kegiatan belajar mengajar dan ikut berpartisipasi dalam pembuatan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Advertisement

Seperti yang dilakukan peserta KKN kelompok sepuluh di Desa Melati, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, ikut serta dalam proses pembuatan emping. Selain itu, peserta kelompok dua di Desa Kepandaian, Kecamatan Ciruas, ikut berpartisipasi dalam pembuatan telur asin.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai tahap untuk ikut serta dalam memajukan UMKM di Kabupaten Serang.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Prima Graha Erik Syehabudin mengungkapkan, salah satu dari sekian program kerja para peserta KKN yakni mendorong memajukan UMKM dengan memberikan bimbingan langsung kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Serang.

“Ada sepuluh kelompok peserta KKN STIE Prima Graha. Masing-masing kelompok wajib membuat program kerja yang bisa mendorong kemajuan pelaku UMKM di desa tempat KKN,” ujar Erik.

Advertisement

Sementara itu, para peserta ditugaskan di sepuluh desa yang ada di beberapa kecamatan. Diantaranya, Cinangka, Ciruas, Cikande, Petir dan Pontang.

“Masing masing kelompok punya program, yang jelas temanya ini meningkatkan petumbuhan ekonomi usaha mikro kecil dan mengah,” tutupnya. (SYF/NUA)

Penulis : Syfa Fauziah
Editor : Nurzahara Amalia

 

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com