Inspirasi

Lima Tahun Mendatang, Kreativitas Termasuk dalam 10 Top Kemampuan yang Paling Dibutuhkan

BISNISBANTEN.COM — Kreativitas dapat dimiliki oleh setiap Individu. Berfikir kreatif ternyata bukan hanya tumbuh bersamaan dengan bakat dari lahir, akan tetapi juga dapat kita pelajari dan berlatih. Dilansir dari Word Economic Forum (WEF), kreatifitas termasuk dalam 10 Top Kemampuan yang paling dibutuhkan dalam 5 tahun mendatang.

World Economic Forum dalam future jobs report tahun 2021, mengkomparasikan 10 skills yang dibutuhkan pada tahun 2021 dan yang dibutuhkan pada tahun 2026. 10 skills yang menjadi pedoman dalam bersaing pada tahun 2026 sebagai puncak revolusi industry 4.0, salah satunya adalah kreatifitas.

Berfikir kreativitas, walaupun dilakukan untuk menemukan sesuatu yang baru, namun juga berpikir kreatif sangat membutuhkan kemampuan menganalisa mengenai sesuatu yang sudah ada selama ini.

Advertisement

Bagi orang yang berpikir kreatif, semua yang sudah ada sebelumnya, dapat diolah lagi untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baru, yang memiliki manfaat baru, atau yang menjadi lebih bermanfaat.

Dalam dunia perusahaan, perusahaan ingin mempekerjakan karyawan yang kreatif dan inovatif. Mereka ingin karyawan mereka menerapkan ide-ide baru dan berpikir “out of the box”, agar bisa bersaing dan menawarkan hal baru yang menjadikan berbeda dengan perusahaan lain “tidak monoton”.

Sumber Daya Manusia dituntut untuk lebih bisa kreatif baik dalam mendapatkan ide bisnis baru, atau bahkan menemukan solusi permasalahan yang berbeda dan tak terpikirkan sebelumnya.

Ide baru tidak hanya diperlukan untuk lebih menghasilkan produk baru. Lebih dari itu, Ide baru juga diperlukan untuk problem solving atau memecahkan suatu masalah.

Advertisement

Tidak bisa dipungkiri, setiap hari kita akan menghadapi suatu masalah. Masalah itu bisa jadi masalah yang memang sudah sering terjadi dalam kehidupan kita, atau sebuah masalah baru.

Untuk masalah yang sering terjadi, tentu menjadi sebuah pertanyaan, kenapa masalah itu bisa berulang?, apakah kita tidak sanggup untuk menyelesaikan?. Karena itulah, semua yang terlibat sebaiknya melakukan proses berpikir kreatif, agar bisa mencari cara untuk menyelesaikan masalah itu dengan lebih optimal, supaya masalah itu tidak terulang lagi.

Sedangkan untuk masalah baru, tentu saja perlu proses berpikir kreatif, agar masalah itu bisa segera diatasi. Dengan berpikir kreatif, semua anggota tim dapat mencari cara agar selain mengatasi masalah, juga mencegah agar masalah yang sama tidak terulang lagi di masa depan.

Selain mencari ide baru, berpikir kreatif juga dapat dilakukan untuk melakukan suatu evaluasi. Evaluasi ini bisa saja dilakukan untuk semua hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan regulasi yang berlaku di perusahaan. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com