Lifestyle

Lagi viral, Ternyata Ini Arti Feeling Lonely Sebenarnya yang Sering Bertebaran di Media Sosial

BISNISBANTEN.COM – Feeling lonely adalah perasaan yang mungkin pernah dialami oleh semua orang di berbagai tahap kehidupan.

Jika diterjemahkan, feeling lonely artinya merasa kesepian. Meskipun sering dianggap sebagai sesuatu yang negatif, perasaan kesepian sebenarnya adalah bagian alami dari kondisi manusia.

Namun, penting untuk memahami apa yang menyebabkan kesepian dan bagaimana kita bisa menghadapinya agar tidak berdampak buruk pada kesehatan mental dan emosional kita.

Advertisement

Kesepian adalah perasaan terputus atau terisolasi dari orang lain, yang sering disertai dengan keinginan untuk terhubung secara sosial. Ini bukan sekadar tentang berada sendirian secara fisik, tetapi lebih kepada perasaan bahwa kebutuhan emosional dan sosial kita tidak terpenuhi.

Seseorang bisa merasa kesepian meskipun berada di tengah keramaian, jika ia merasa tidak ada koneksi yang bermakna dengan orang-orang di sekitarnya.

Penyebab Feeling Lonely

1. Perubahan Hidup

Advertisement

Pindah ke kota baru, perubahan pekerjaan, atau perpisahan dengan teman dan keluarga bisa memicu perasaan kesepian.

2. Media Sosial

Meskipun kita lebih terhubung secara digital, penggunaan media sosial yang berlebihan bisa meningkatkan perasaan kesepian karena interaksi yang dangkal dan kurangnya hubungan tatap muka.

3. Kesehatan Mental

Kondisi seperti depresi dan kecemasan sering kali berjalan beriringan dengan kesepian. Perasaan rendah diri dan kurangnya kepercayaan diri dapat membuat seseorang merasa sulit untuk menjalin hubungan baru.

4. Stigma dan Diskriminasi

Orang yang merasa berbeda dari mayoritas, baik karena orientasi seksual, budaya, atau pandangan hidup, bisa merasa terisolasi dan kesepian.

Kesepian berkepanjangan dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Penelitian menunjukkan bahwa kesepian kronis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan memperpendek harapan hidup. Secara mental, kesepian bisa memperburuk gejala depresi, meningkatkan tingkat kecemasan, dan menyebabkan perasaan putus asa.

Cara Mengatasi Feeling Lonely atau Kesepian

1. Jalin Koneksi Baru

Bergabunglah dengan klub atau komunitas yang sesuai dengan minat Anda. Aktivitas bersama bisa membantu Anda menemukan orang-orang dengan minat yang sama.

2. Kualitas Lebih Penting dari Kuantitas

Fokus pada hubungan yang bermakna dan mendalam daripada sekadar memperbanyak teman. Percakapan yang jujur dan mendalam dapat membantu mengurangi perasaan kesepian.

3. Berolahraga

Aktivitas fisik bisa meningkatkan mood dan memberikan kesempatan untuk bertemu orang baru.

4. Cari Bantuan Profesional

Terapis atau konselor bisa membantu Anda memahami penyebab kesepian dan memberikan strategi untuk mengatasinya.

5. Manfaatkan Teknologi dengan Bijak

Gunakan media sosial untuk terhubung dengan orang-orang yang Anda kenal secara nyata, bukan hanya untuk mengikuti kehidupan orang lain.

Kesepian adalah pengalaman yang kompleks dan sering kali menyakitkan, tetapi memahami penyebab dan dampaknya bisa membantu kita menemukan cara untuk mengatasinya.

Membangun hubungan yang bermakna, menjaga kesehatan mental, dan mencari bantuan jika diperlukan adalah langkah penting untuk mengurangi perasaan kesepian dan meningkatkan kualitas hidup kita. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA