Banten24

Kepala Dinas Pertanian: Stok Beras di Kabupaten Serang Aman

BISNISBANTEN.COM – Ketersediaan stok beras di Kabupaten Serang hingga saat ini aman. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Serang Dadang Hermawan. Ia mengaku optimis akan tercapainya target ketersediaan stok beras atau padi sebanyak 500 ribu ton, karena tidak ada persoalan produksi di wilayah Banten.

Ia mengatakan tidak khawatir kekurangan kebutuhan beras atau padi, karena pada 2017 lalu, sudah mencapai ketersediaan angka yang melebihi dari target. Bahkan, Kementrian Pertanian pada 2017 lalu merilis Kabupaten Serang ketersediaan beras atau produksi padi telah mencapai di atas rata-rata dari yang telah ditargetkan.

“Nah, sekarang Insyallah masih bisa mencapai walaupun kemarin kita ada gangguan serangan hama penyakit tapi ini masih dalam batas aman,” katanya Rabu (17/1).

Advertisement

Ia menambahkan, jika ada kenaikan harga beras atau padi, maka petani akan mengalami kerugian. Bahkan, sekarang ini telah masuk beras impor dari luar, maka dampak yang akan terjadi, produk lokal akan bersaing dengan produk luar.

“Kami berharap, secara pribadi karena saya selaku orang dinas maka kalau bisa ada kebijakan dari daerah untuk menolak beras impor. Insyaallah kami siap untuk memenuhi kebutuhan di daerah kami sendiri,” tambahnya.

Dinas Pertanian Kabupaten Serang berharap untuk tingkat lokal, perlu adanya dorongan dari petani untuk melakukan dorongan usaha di lapangan, agar tercapai target yang sesuai harapan.

“Karena memang yang namanya beras itu kan mempunyai nilai sosial, politik, dan ekonomi ini cukup kompleks juga. Tapi kami berharap jangan sampai terjadi impor karena perhitungannya Kabupaten Serang masih bisa mencukupi beras di Kabupaten Serang,” tutupnya. (SYF/NUA)

Advertisement

Penulis : Syfa Fauziyah
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com