Kuliner

Kembali Masuk Daftar TasteAtlas, Pempek Palembang Masuk 50 Besar Makanan Terbaik

BISNISBANTEN.COM – Indonesia kembali menorehkan prestasi di dunia kuliner. Pasalnya, pempek Palembang masuk kedalam daftar jajanan street food terbaik versi TasteAtlas yang diurutkan dalam “100 Best Street Foods in the World”.

Situs pemeringkat yang sama juga memasukkan Pempek dalam daftar “50 Best Seafood Dishes”.

Dalam daftar ini posisi pertama ditempati oleh camarones enchipotlados dari Meksiko dan posisi ke-2 ditempati kaisendon dari Jepang.

Advertisement

Melalui situsnya, TasteAtlas menulis pempek sebagai kue ikan tradisional Indonesia yang terbuat dari daging ikan giling dan tapioka.

Pempek merupakan kuliner dari Kota Palembang yang terletak di provinsi sumatera selatan.

Dalam sejarahnya,
kisah awal mula pempek diceritakan bahwa seorang warga Palembang yang sudah tua sudah bosan dengan ikan yang digoreng atau dibakar secara tradisional.

Dari situ, warga memikirkan cara inovatif untuk menggiling dagingnya dengan mencampurkannya dengan tepung tapioka, dan menggorengnya hingga mendapatkan hasil yang renyah dan lezat.

Advertisement

Akhirnya pempek menjadi camilan sehari-hari. Karena sang penemu pempek bersepeda keliling kota dan menjual kue ikan tersebut kepada warga Palembang.

Seiring dengan berjalannya waktu, pempek dikenal sebagai camilan yang patut dipuji, dan kini dianggap sebagai makanan tradisional khas Indonesia.
Lebih lanjut TasteAtlas juga menulis bahwa kue berbentuk bulat atau persegi panjang ini biasanya dikukus.

Sebelum disajikan, pempek digoreng terlebih dulu dengan minyak sayur dan dipotong-potong seukuran sekali gigit agar mudah memakannya.

Pempek juga memiliki pelengkap yang membuatnya terasa segar dinikmati kapan pun.

Ada irisan mentimun, mie, atau nasi menjadi pelengkap khasnya, dan saus asam manis tradisional biasanya disajikan sebagai pendamping sehingga pelanggan dapat menyesuaikan rasa dengan seleranya.

Lebih afdol lagi, makan pempek Palembang langsung ke Palembangnya pasti sensasinya lebih nikmat. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA