Info TravelTravel

Jelang Arus Mudik Tol Tangerang-Merak Pastikan Jalur Aman

BISNISBANTEN.COM — Banten (20/04), Lebaran kali ini terasa berbeda dari tahun sebelumnya. Setelah 2 tahun lebaran “Dirumah saja”, tahun ini saatnya “Kembali BERSERI”.  Kembali ke martabat kesucian diri, kembali ke silaturahmi sehat dan peduli, ikhtiar untuk Negeri. Dengan layanan intensif antisipasi arus mudik Lebaran 1443 H/2022 yang berlangsung pada H-10 / 21 April 2022 s.d. H+10 / 13 Mei 2022, ruas Tol Tangerang-Merak dipastikan aman.

Puncak arus mudik di Tol Tangerang-Merak diprediksi terjadi pada hari Jumat Tanggal 29 April 2022 dengan total lalu lintas mencapai 184,290 kendaraan atau meningkat 17,87% dari jumlah lalu lintas tertinggi harian rata-rata (LHR) Januari sd Maret 2022 sebesar 156,346 kendaraan. Hal ini bila terjadi merupakan pencapaian rekor baru trafik lalu lintas sepanjang pencatatan data trafik, sebelumnya pada tanggal 31 Maret 2022 menyentuh 182,438 kendaraan.

Berdasarkan perhitungan simulasi trafik, bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, arus wisata lebaran kali ini juga mengalami peningkatan yang melintas di Tol Tangerang-Merak pada hari pertama dan kedua lebaran. Kendaraan terlihat ramai pada arah destinasi wisata mulai dari Gerbang Serang Timur sampai dengan Cilegon Barat.

Advertisement

Dalam menangani kepadatan arus mudik serta liburan dilakukan upaya-upaya intensif pada layanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan konstruksi pemeliharaan dan layanan pendukung. Pada layanan transaksi ASTRA Tol Tangerang-Merak memaksimalkan operasional 102 gardu regular yang terdapat pada 10 Gerbang Tol, terdiri atas 43 Gardu Entrance, 53 Gardu Exit dan 6 gardu Ramp.

Untuk menambah layanan transaksi dioperasionalkan 2 gardu tandem khusus di Gerbang Tol Merak (Gardu Exit) serta mengoptimalkan 40 mobile reader yang tersebar di seluruh gerbang, dengan tambahan 18 personil layanan transaksi yang tersebar di Gerbang Tol Cikupa dan Merak.

Penyiagaan personel juga dilakukan untuk layanan konstruksi dan pemeliharaan jalan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Direktur Astra Tol Tangerang-Merak, M. Adhie Resza menjelaskan, Tim maintenance siap siagakan 24 jam, yang terdiri dari 3 tim perkerasan jalan, 2 tim drainase, 2 tim kebersihan jalur, 2 tim landscape untuk memastikan kondisi jalan mulus dan nyaman dilalui pengguna jalan.

Advertisement

Manajemen trafik arus mudik dan balik, pada layanan lalu lintas juga dilakukan ASTRA Tol Tangerang-Merak melalui pengaturan antrian arus balik dan wisata di Gerbang Merak, Cilegon Barat, Cilegon Timur, Serang Timur dan Cikupa, serta pengaturan pengalihan arus exit dari Serang Timur ke Serang Barat apabila terjadi kepadatan di akses Gerbang Serang Timur.

Pada Layanan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2022 ini, ASTRA Tol Tangerang-Merak juga berkolaborasi dengan BASARNAS. Kolaborasi ini dengan melakukan simulasi penyelamatan pengguna jalan dengan menggunakan helikopter yang dilakukan pagi ini Rabu, 20 April 2022, melibatkan Korlantas PJR Turangga 003, Dinas Perhubungan, Rumah sakit sekitar diantaranya Krakatau Medika dan Hermina, serta instansi lainnya.

“Simulasi penyelamatan ini dilakukan atas perintah Negara melalui BASARNAS, tentunya kami sangat antusias menyambut kegiatan tersebut, karena Keselamatan pengguna jalan adalah prioritas kami, sehingga apabila ada pengguna jalan yang membutuhkan pertolongan medis saat terjebak antrian kemacetan arus mudik, kami sudah terlatih dan bisa merespon dengan cepat,” tutur Adhi Resza.

Disamping itu, ASTRA Tol Tangerang-Merak juga menyiapkan layanan sarana prasarana untuk memberikan kenyamanan kepada penguna jalan, antara lain :

a. Penyiapan Toilet Mobile sebanyak 10 unit ditempatkan di beberapa titik yang akan menjadi potensi kepadatan antara lain : Rest Area 43 A sebanyak 5 unit, Km 96 sd 98 AB sebanyak 4 unit dan Kantor Gerbang Merak sebanyak 1 unit.

Penyiapan Posko kesehatan di Rest Area 68 AB dan Kantor Gerbang Merak. Untuk informasi terkini terkait Tol Tangerang-Merak disediakan layanan Variable Message Sign (VMS) sebanyak 21 unit yang tersebar di sepanjang Jalan Tol Tangerang–Merak dan akses gerbang, serta twitter @tol_mms.

Kelancaraan lalu lintas Tol Tangerang-Merak ini merupakan keberhasilan sinergi yang terjalin baik dengan seluruh stakeholder baik pihak Kepolisian Daerah Banten, Dinas Perhubungan Banten, PJR Turangga 003, Badan Pengatur Jalan Tol, terutama pengguna jalan yang telah tertib berkendara.

Dengan terciptanya kelancaran lalu lintas demi kenyamanan pengguna jalan melalui sejumlah layanan operasional, diharapkan arus mudik pada lebaran tahun 2022 ini dapat “Kembali BERSERI” dan sebagai langkah awal kita untuk memulai aktivitas yang menghantarkan keberkahan pada momen lebaran 1443 H. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com