Lifestyle

Jangan Menonton TV Terlalu Dekat! Ini Bahayanya

BISNISBANTEN.COM – Menonton televisi terlalu dekat dapat menyebabkan kerusakan fisik pada mata. Aktivitas tersebut dapat menyebabkan mata menjadi tegang atau lelah, terutama jika duduk sangat dekat atau menonton dari posisi yang tak wajar.

Untuk mengatasi ketegangan atau kelelahan mata, cukup mematikan TV dan beristirahat. Menonton televisi dari jarak yang terlalu dekat sering dianggap berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Berikut adalah beberapa dampak negatif yang mungkin terjadi jika kebiasaan ini terus dilakukan:

Advertisement

1. Ketegangan Mata

Menonton televisi dari jarak yang terlalu dekat dapat menyebabkan ketegangan mata. Mata harus bekerja lebih keras untuk fokus pada gambar yang terlalu dekat, yang dapat menyebabkan mata lelah dan kering. Gejala ketegangan mata termasuk mata berair, penglihatan kabur, dan sakit kepala.

2. Penglihatan Kabur

Melihat layar dari jarak dekat untuk waktu yang lama dapat menyebabkan miopia atau rabun jauh. Ini adalah kondisi di mana mata kesulitan melihat objek yang jauh dengan jelas. Anak-anak yang sering menonton televisi dari jarak dekat lebih berisiko mengalami perkembangan miopia.

Advertisement

3. Postur Tubuh yang Buruk

Menonton televisi dari jarak dekat sering kali mengharuskan tubuh berada dalam posisi yang tidak alami untuk waktu yang lama. Ini dapat menyebabkan masalah postur tubuh seperti nyeri leher dan punggung.

4. Gangguan Tidur

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar televisi dapat mengganggu produksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur. Menonton televisi terlalu dekat, terutama sebelum tidur, dapat mengakibatkan sulit tidur atau tidur tidak nyenyak.

5. Masalah Konsentrasi

Menonton televisi dari jarak dekat juga dapat mempengaruhi konsentrasi dan fokus. Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu menonton televisi dari jarak dekat mungkin mengalami kesulitan berkonsentrasi pada tugas sekolah atau kegiatan lain yang membutuhkan fokus.

6. Kerusakan Retina

Meski jarang, paparan terus-menerus terhadap cahaya yang kuat dari layar televisi dapat berpotensi merusak retina, bagian mata yang sensitif terhadap cahaya. Ini bisa mengarah pada masalah penglihatan yang lebih serius di masa depan.

Untuk mengurangi dampak negatif menonton televisi dari jarak dekat, berikut beberapa langkah yang bisa diambil:

– Menjaga Jarak Aman

Pastikan untuk menonton televisi dari jarak yang disarankan, yaitu sekitar 2,5 hingga 3 meter dari layar.

– Pengaturan Cahaya

Gunakan pencahayaan yang cukup di ruangan untuk mengurangi kontras antara layar dan lingkungan sekitarnya.

– Istirahat Secara Teratur

Istirahatkan mata setiap 20 menit dengan melihat ke arah yang jauh selama 20 detik.

– Batasi Waktu Menonton

Kurangi waktu menonton televisi, terutama bagi anak-anak, untuk mencegah kebiasaan yang tidak sehat. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA