KecantikanLifestyle

Jangan Malas, Ini Akibat yang akan Didapatkan Jika Tidak Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

BISNISBANTEN.COM – Terkadang, setelah hari yang panjang, membersihkan make up sebelum tidur bisa menjadi hal terakhir yang kita inginkan. Namun, mengabaikan langkah ini bisa memiliki dampak serius pada kulit kita. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin terjadi jika kita lupa membersihkan make up sebelum tidur:

1. Penumpukan Kotoran dan Minyak

Make up bisa menjadi magnet untuk debu, kotoran, dan minyak dari udara dan kulit kita. Jika tidak dibersihkan, ini bisa menyumbat pori-pori kita dan menyebabkan jerawat dan komedo.

Advertisement

2. Iritasi Kulit

Sisa make up yang tertinggal di wajah bisa menyebabkan iritasi kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Hal ini bisa membuat kulit kita terasa kering, gatal, atau merah.

3. Penuaan Dini

Make up yang tertinggal di wajah bisa menyebabkan penuaan dini. Partikel make up dapat merusak kolagen dan elastin kulit, yang dapat mengakibatkan munculnya garis-garis halus dan kerutan lebih awal.

Advertisement

4. Infeksi Mata

Jika kita lupa membersihkan make up dari area mata, seperti maskara dan eyeliner, ini bisa meningkatkan risiko infeksi mata, seperti konjungtivitis atau peradangan kelopak mata.

5. Hilangnya Kilau Kulit

Make up yang tidak dibersihkan dengan benar dapat menghambat regenerasi kulit alami kita. Akibatnya, kulit kita mungkin terlihat kusam dan kehilangan kilau alaminya.

6. Kerusakan Bulu Mata

Maskara yang tidak dibersihkan dapat menyebabkan bulu mata menjadi rapuh dan mudah rontok. Hal ini bisa mengakibatkan penipisan dan penurunan kualitas bulu mata kita.

7. Peningkatan Risiko Masalah Kulit

Dengan meninggalkan make up di wajah kita saat tidur, kita juga meningkatkan risiko masalah kulit lainnya, seperti dermatitis kontak, infeksi bakteri, dan bahkan eksim.

Oleh karena itu, penting untuk membiasakan diri untuk membersihkan make up sebelum tidur ke dalam rutinitas sehari-hari meski malas. Dengan melakukan hal tersebut, kita dapat menjaga kulit kita agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah yang disebabkan oleh penumpukan make up di wajah. (Sarah)

Advertisement
LANJUT BACA