Info Travel

Jalan-jalan dan Duduk Santai di Cisadane Walk, Saatnya Relaksasi

BISNISBANTEN.COM – Berjalan-jalan di sekitaran Cisadane Walk bisa menjadi relaksasi tersendiri. Sungai ikonik di Kota Tangerang ini selain cantik dan bersih juga nyaman dan asri.

Tepian Sungai Cisadane disulap menjadi objek wisata yang recommended untuk dikunjungi. Sungai Cisadane memiliki area cukup panjang. Spot favorit antara lain bantaran dari Kampung Berkelir hingga Jembatan Pintu Air. Kawasan ini kerap dikunjungi apalagi saat weekend.

Menyusuri Cisadane Walk yang berada di sisi Jalan Daan Mogot juga menjadi keasyikan tersendiri. Oh ya, Cisadane Walk di Jalan Benteng Makasar atau di belakang Plaza Robinson masuk dalam program penataan Pemkot Tangerang melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan terhadap kawasan pinggiran sungai atau kali Cisadane sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) di 2015. Lokasi ini memiliki potensi besar terlebih lagi Benteng Makassar.

Advertisement
Olahraga Pagi di Cisadane Walk. foto via jejakdara.blogspot.com

Di jalan ini termasuk kawasan ramai. Saat pagi digunakan untuk olahraga, jogging atau sekadar jalan santai di jalur yang disediakan dengan pemandangan langsung Sungai Cisadane. Saat siang, biasanya didatangi pengunjung untuk makan siang di pedagang pinggiran Sungai Cisadane atau sekadar foto-foto. Sore menuju malam menjadi tempat nongkrong dengan duduk santai di pinggir sungai sambil ngobrol-ngobrol.

Pemerintah Kota Tangerang juga membangun jembatan ikonik di Cisadane Walk yakni Jembatan Kaca. Jembatan ini dirancang dengan warna cerah ini dengan kiri kanan memiliki anjungan beralaskan kaca.

Spot terbaik Cisadane Walk lainnya ada di tepat belakang Robinson karena dari sini jaraknya tak jauh untuk menuju jembatan kaca dan miniatur benteng. Selain itu ada beberapa warung makan yang langsung menghadap Cisadane Walk.

foto via instagram @igers.banten

Di sisi lain, Sungai Cisadane menjadi jalur transportasi menggunakan perahu kecil untuk menyeberangkan warga dari tepian yang satu ke tepian yang lain. Sementara Cisadane Walk yang berdekatan dengan Pasar Lama tumbuh sebagai pusat wisata kuliner. Di sepanjang tepian Cisadane terdapat restoran, kafe, warung hingga jajanan pinggir jalan.

Advertisement

Keberadaan Cisadane Walk ini membuat Sungai Cisadane memiliki fungsi lain. Di samping menjadi salah satu sumber air bagi masyarakat, sebagai pengairan lahan pertanian, pemenuhan kebutuhan bagi industri, juga untuk memenuhi kebutuhan air bersih atau minum bagi rumah tangga.

Sungai Cisadane terlihat membaik dari tahun ke tahun dan menjadi salah satu penunjang pembangunan ekonomi Kota Tangerang.
Masyarakat yang kerap mengunjungi Sungai Cisadane juga tidak perlu cemas dengan ketinggian air karena debit air dapat ditentukan dengan cuaca. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.