Kuliner

Jajanan Turki Ini Bisa Ditemui di Mana-mana di Indonesia, Pernah Coba?

BISNISBANTEN.COM – Indonesia termasuk negara yang ramah terhadap segala jajanan dan makanan dari luar negeri. Yah, walaupun baru-baru ini Indonesia menempati posisi pertama sebagai negara yang paling tidak sopan dan bermedia sosial versi Microsoft di wilayah Asia Tenggara, setidaknya Indonesia pernah dikenal sebagai negara yang ramah terhadap pelancong alias turis.

Di Indonesia, hampir segala jajanan dari berbagai benua ada dan diadopsi dengan baik. Salah satunya kebab.

Asal tahu nih, kata kebab berasal dari bahasa Persia atau arab yang berarti daging digoreng bukanlah daging dipanggang. Secara umum kebab dibuat memakai bahan baku daging. Namun pada kenyataannya, di Turki dan Arab, kebab versi mereka adalah daging yang dipanggang.

Advertisement

Di Indonesia, sudah banyak loh yang jualan kebab. Kebab paling populer di Indonesia di antaranya adalah Kebab Alibaba Jagonya Daging Gantung. Kuliner gerobakan kaki lima ini adalah jenis kebab yang disajikan dalam balutan tortilla lembut dan lezat. Untuk jenis kebab inilah di Indonesia disebut sebagai kebab Turki.

Di Timur Tengah termasuk Turki, para penjual kebab menggunakan tusukan untuk memanggang daging, ditambah dengan tomat dan cabai hijau. Ini yang membuat kebab mirip sekali dengan kuliner khas Indonesia yaitu sate.

Kebab Alibaba juga menggunakan bahan baku pilihan dari sayuran yang fresh dan bahan bahan pilihan lainya.

Proses masak daginya terbilang unik dan berbeda. Jika kebab biasanya menggunakan tusuk sate, Kebab Alibaba berbeda loh. Daging Kebab Alibaba dimasak dengan proses rotating atau berputar dengan suhu hangat. Ini salah satu resep yang membuat daging Kebab Alibaba terasa lezat dan mantap.

Advertisement

Inilah yang membuat Kebab Alibaba tidak hanya disukai orang dewasa melainkan juga anak-anak. Harganya terjangkau. Ini yang membuat kebab Alibaba mengusung tagline jajanan kaki lima rasa bintang lima.

Kebab Alibaba dikembangkan secara franchise. Ini untuk mewujudkan cepatnya ekspansi pertumbuhan Kebab Alibaba di Indonesia dengan cara bekerja sama dengan pengusaha di dalam persamaan visi dan konsep usaha.

Ini menjadikan Kebab Alibab yang hadir sejak 2006 semakin lebih besar dan semakin dikenal masyarakat luas dan dapat berkembang pesat dengan cepat, membuat bisnis ini semakin kuat dan menjanjikan sebuah keberlanjutan usaha jangka panjang. Atas dasar hubungan saling mendukung inilah diharapkan tidak ada bagian bisnis manapun yang kurang dipentingkan, setiap cabang franchise akan dikembangkan di bawah arah bisnis yang persis sama terarah oleh PT Berkah Purnama Sewu.

Sekadar tahu, Kebab Alibaba pertama kali didirikan pasangan suami istri Satrio Purwito dan Retno Susilowati. Outlet pertama Kebab Alibaba berada di Perumahan Harapan Kita, Karawaci, Tangerang, Banten.

Sampai saat ini kebab alibaba sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Di Kota Serang, outlet atau gerobak kebab ini ada di Lopang, Jalan Trip Jamaksari, Taktakan, Jalan Jayadiningrat, Ciwaru, Kebaharan, Kramatwatu, Waringinkurung, dan RCB.

“Merapat nih, promo buy 2 get 1 di Ciwaru, Serang. Depan rumah dinas BI Banten,” promi Alfin, pemilik outlet Kebab Turki Ciwaru, Kota Serang.

Nah tuh? Gas nggak nih? (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.