Keuangan

Jadi Panutan, Walikota Tangerang dan Forkopimda Sampaikan SPT Tahunan

BISNISBANTEN.COM — Kanwil DJP Banten bersama KPP Pratama Tangerang Barat dan KPP Pratama Tangerang Timur menggelar kegiatan Pekan Panutan dan Tax Gathering dengan tema “Reformasi Pajak Wujudkan Ekonomi Berkeadilan” di Hotel D’Prima Kota Tangerang dan dihadiri oleh Walikota Tangerang Arief Wismansyah, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman, Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo, Kepala Kanwil DJP Banten Yoyok Satiotomo, seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Tangerang, pimpinan asosiasi, dan 100 wajib pajak pemberi kontribusi terbesar dari KPP Pratama Tangerang Barat dan KPP Pratama Tangerang Timur.

Acara dibuka dengan tarian pembuka Sasmaya khatulistiwa yang dibawakan oleh Kinara Dancer, tim penari dari KPP Pratama Tangerang Barat. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan puisi berjudul Aku Melihat Indonesia karya Bung Karno yang dilanjutkan dengan persembahan lagu Indonesia Jaya oleh Rio Silitonga, pegawai KPP Pratama Tangerang Barat.

Advertisement

Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kanwil DJP Banten. Dalam sambutannya Yoyok menyampaikan apresiasi kepada Walikota Tangerang dan seluruh jajaran Forkopimda Kota Tangerang serta seluruh wajib pajak Kota Tangerang yang telah memberikan kontribusinya bagi pembangunan Indonesia. Yoyok juga menyampaikan bahwa kegiatan tax gathering dan pekan panutan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini DJP memiliki agenda Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) yang mewajibkan pemberlakuan NIK sebagai NPWP mulai 1 Januari 2024.

Sementara itu, Walikota Tangerang Arif Wismansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa membayar pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan bagi pembiayaan negara dan pembangunan nasional, terlebih karena Indonesia saat ini tengah menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Arif juga menyampaikan bahwa pada saat ini Kota Tangerang juga tengah berbenah agar dapat bersaing dengan kota lain di dunia.

Arif menambahkan bahwa Kota Tangerang merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memberikan pendidikan gratis bagi warganya yang bersekolah di sekolah negeri maupun swasta. Dalam kesempatan ini Arief juga menyampaikan imbauan agar seluruh warga masyarakat segera melaporkan SPT Tahunannya dan juga memadankan NIK menjadi NPWP agar mempermudah birokrasi pelayanan kepada mssyarakat.

Advertisement

Acara dilanjutkan dengan pemberian plakat dari kepala Kanwil DJP Banten kepada Walikota Tangerang dan Ketua DPRD Kota Tangerang, dilanjutkan dengan prosesi Pekan Panutan Walikota Tangerang beserta seluruh jajaran Forkopimda Kota Tangerang sebagai contoh teladan dan inspirasi bagi seluruh warga Kota Tangerang, yang dilanjutkan dengan penampilan lagu Laskar Pelangi oleh Rio Silitonga.

Acara dilanjutkan dengan talkshow dengan tema Pemadanan NIK menjadi NPWP dengan narasumber Kepala KPPP Pratama Tangerang Barat Fadjar Julianto, Kepala KPP Pratama Tangerang Timur Tri Agus Kasmanto, dan Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Tangerang Barat Indah Safitri Dwiyanti. Acara diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada 100 wajib pajak terbaik KPP Pratama Tangerang Barat dan KPP Pratama Tangerang Timur, foto bersama , dan ramah tamah. (susi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com