KeuanganPerbankan

Ini Upaya Bank Banten Dukung Produk UMKM

 

BISNISBANTEN.COM –PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk melakukan kesepakatan dan perjanjian kerja.sama dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero,) PT Penjaminan Kredit Daerah Banten dan PT Sadulur Tri Ardhana Telekomunikasi (startel) dalam pengembangan produk dan fitur-fitur produk bagi nasabahnya.
Rencananya, Bank Banten akan meluncurkan produk UMKM dengan fitur kecanggihan teknologi yang tak lama lagi akan dilangsungkan.

Sebelum melakukan peluncuran produk UMKM, maka kerjasama dilakukan untuk merealisasikan fitur biller melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman (Mou) antara Bank Banten dengan PT Sadulur Tri ArdhanaTelekomunikasi (Startel) bersamaan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Jasindo dan PT Jamkrida Banten di Le Dian Hotel and Cottages Serang,  Jumat (15/9).

Advertisement

Penandatangan ini dihadiri oleh Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa dan Direksi Bank Banten, Direktur Utama Startel Agus Miftah, Direktur Pemasaran Korporasi Jasindo Untung Hadi Santosa dan Direktur Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman.

“Melalui kerja samanya dengan pihak startel, diharapkan Produk UMKM Bank Banten yang bernama Kredit Usaha Bangun Banten akan memiliki keunggulan berupa kemudahan pembayaran angsuran. Ini melalui aplikasi uang elektronik untuk transaksi online payment (Star-Pay) dengan menggunakan ponsel pintar. Sementara dengan Jasindo dan Jamkrida bertujuan untuk meningkatkan sinergi melalui kerjasama yang dapat memberikan nilai tambah pada masing-masing perusahaan dan mendorong pengembangan bisnis UMKM di Provinsi Banten,” kata Fahmi.

Kredit Usaha Bangun Banten adalah kredit usaha yang diberikan kepada pengusaha UMKM untuk membiayai kebutuhan modal kerja dan investasi dengan menyesuaikan kebutuhan dan target marketnya. “Ada 3 Skrim Kredit yang ditawarkan oleh Kredit Usaha Bangun Banten, terdiri dari Kredit Ritel yang ditawarkan kepada pengusaha UMKM dengan plafond Rp5 juta – Rp500 juta melalui produk Bangun Tunas, Bangun Mandiri dan Bangun Sejahtera. Selain itu ada juga penyaluran Kredit Linkage yaitu kredit yang ditujukan kepada lembaga pembiayaan Bank dan Non Bank yang ada di Provinsi Banten. “Untuk mendukung program kerja pemprov Banten dan perkumpulan yang ada di Provinsi Banten yang tergabung dalam naungan UMKM Pemprov Banten,” tambah Fahmi.

Adanya fitur Star-Pay pada Kredit Usaha Bangun Banten akan memberikan kemudahan kepada debitur pada saat melakukan pembayaran angsuran menjadi lebih cepat, aman, efisien dan efektif. “Inovasi ini merupakan salah satu penerapan fintech, jadi debitur hanya tinggal mengunduh aplikasi Star-Pay dengan menggunakan ponsel Android, setelah itu fungsinya adalah sebagai e-wallet dilakukan dengan mengisi uang elektronik dan menyimpannya dan dapat digunakan sewaktu-waktu pada saat pembayaran angsuran,” katanya.

Advertisement

Untuk memudahkan melakukan Kredit Usaha Bangun Banten maka akan dikembangkan di sentra UMKM yang berada di wilayah Banten, sebagai pilot project yaitu kantor Cabang BSD dan Kantor Cabang Palima, yang hal ini sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Banten berupa dukungan terhadap industri UMKM di wilayah Banten untuk meratakan pertumbuhan ekonomi baik di kota dan di pelosok desa dan sumbangsih Bank Banten membimbing para pelaku UMKM dalam sektor finansial untuk meningkatkan kualitas usaha.

Direktur Utama PT Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman mengatakan,  PT Jamkrida Banten merasa terhormat dengan melaksanakan kerjasama ini. Badan Usaha Milik Daerah ini juga bekerja sama dengan Pemerintahan Provinsi Banten maupun dengan lembaga-lembaga pembiayaan semisal koperasi, DPR, dan Lembaga Keungan Mikro. “Sehingga nanti akan direkomendasikan untuk melakukan kredit pinjaman di Bank Banten,” sahut Direktur Utama PT Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman.

Diakhir acara, segenap Direktur Utama Bank Banten, Jasindo, Jamkrida Banten dan Startel melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama. Serta pemberian plakat dari Bank Banten kepada Jasindo, Jamkrida dan Startel. (Rosfi)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com