Info TravelTravel

Ini Loh Pelabuhan Bojonegara yang Jadi Pelabuhan Alternatif Penumpang Saat Musim Mudik

BISNISBANTEN.COM – Antusiasme mudik tahun ini luar biasa. Membeludaknya para pemudik membuat dermaga lain difungsikan untuk jalur penyeberangan penumpang.

Jika biasanya menggunakan Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Sumatera, disediakan dermaga tambahan di luar yang dimiliki oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), yakni Indah Kiat yang dikelola oleh Pelindo, dan Bojonegara.

Di pelabuhan Bojonegara tepatnya Margagiri kapal yang disediakan antara lain kapal kargo bukan penumpang. Namun ada ruang penumpangnya, bersih dan rapi. Ini seperti yang diposting akun Instagram @infoserang.

Advertisement

Dijelaskan, layanan ini resmi, pelabuhan punya Dishub yang bekerjasama dengan PT Bandar Bakau Jaya. Untuk tiket masuk per mobil, berkisar Rp375 ribu.

Dibukanya pelabuhan ini untuk penumpang saat arus mudik 2022 sebagai respons atas penumpukan kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak. Langkah ini juga untuk mengurai kemacetan dan mempercepat pengangkutan penumpang saat mudik Lebaran.

Pelabuhan Bojonegara di Puloampel, Serang, Banten ini dikelola Pelindo II selama 25 tahun terlilit konflik lahan. Pelabuhan tersebut semula direncanakan sebagai pelabuhan internasional.

Selama direncanakan 25 tahun sejak 1995 lalu, Pelabuhan Internasional Bojonegara tak kunjung beroperasi, berbagai permasalahan melilit pembangunan pelabuhan yang direncanakan pelabuhan penunjang Tanjung Priok.

Advertisement

Pembangunan pelabuhan ini peletakan batu pertamanya dihadiri langsung oleh Megawati Soekarno putri saat menjabat sebagai Presiden RI.

Pelabuhan ini memanfaatkan dermaga sepanjang 100 Meter yang saat ini sudah ada untuk digunakan bagi kapal-kapal pengangkut barang curah kering dan barang lainnya.

Pengoperasian tahap pertama dilakukan setelah pihak jajaran direksi Pelindo II bertemu dengan Presiden Direktur PT Nugra Santana Ponco Sutowo dan Indraguna Sutowo selaku Direktur.

Setelah persoalan kepemilikan lahan selesai, kedua perusahaan itu akhirnya menemui kesepakatan untuk bekerjasama membangun Pelabuhan Internasional Bojonegara. Pelindo berharap dengan beroperasinya pelabuhan yang mangkrak 25 tahun itu bisa meningkatkan perekonomian Indonesia. (Hilal)

Advertisement
LANJUT BACA

Hilal Ahmad

Pembaca buku-buku Tereliye yang doyan traveling, pemerhati dunia remaja yang jadi penanggung jawab Zetizen Banten. Bergelut di dunia jurnalistik sejak 2006.