Info Bisnis

Ini Dua Penyebab Inflasi di Banten pada Juni 2018

BISNISBANTEN.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten merilis, inflasi Juni di Provinsi Banten sebesar 0,37 persen. Dengan kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 140,22 pada Mei menjadi 140,74.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten Agoes Soebeno mengatakan, inflasi terjadi karena ada kenaikan harga yang ditunjukkan naiknya seluruh indeks kelompok pengeluaran, yakni peningkatan terbesar terjadi pada transportasi, komunikasi dan jasa keuangan.

“Kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,2247 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,0653 persen. Ini terjadi karena kemarin musim mudik,” katanya, Selasa (3/7).

Advertisement

Agoes menjelaskan, empat dari sebelas sub kelompok yang ada pada kelompok ini mengalami penurunan indeks. Beberapa sub kelompok yang mengalami penurunan indeks diantaranya adalah sub kelompok daging dan hasil-hasilnya turun sebesar -2,48 persen dan sub
kelompok telur, susu dan hasil-hasilnya turun sebesar -2,35 persen.

“Sedangkan sub kelompok yang mengalami kenaikan indeks diantaranya adalah sub kelompok lemak dan minyak yang naik sebesar 2,65 persen,” ujarnya.

Selanjutnya, pada bulan Juni 2018, perkembangan harga barang dan jasa (inflasi) di tiga kota IHK di Banten diantaranya  Kota Serang 0,52 persen, Kota Tangerang 0,28 persen dan Kota
Cilegon 0,71 persen. Laju inflasi tahun kalendernya adalah Kota Serang 2,15 persen, Kota Tangerang 1,48 persen dan Kota Cilegon 1,89 persen. (GAG/NUA)

Penulis : Wirda Garizahaque
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement

Advertisement
LANJUT BACA