Keuangan

Hari Ini, Festival Ekonomi Syariah Jawa 2020 Dimulai


BISNISBANTEN.COM — Hari Ini, Festival Ekonomi Syariah (FESYAR) Jawa 2020 akan dimulai digelar. Acara ini akan berlangsung mulai 5-10 Oktober 2020. Acara pembukaan akan dilakukan pada pukul 13.00 WIB secara virtual dan dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo, dan lainnya.

Kegiatan ini dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi syariah di seluruh daerah serta menjaring agen – agen potensial pengembangan ekonomi syariah ke depannya.

Tema yang diangkat dalam Fesyar Jawa 2020 adalah “Akselerasi Peran Ekonomi Syariah Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional”, dengan enam sub cakupan yaitu pemberdayaan ekonomi pesantren, pengelolaan ekonomi daerah berbasis syariah, optimalisasi lslamic Social Finance, pemberdayaan UMKM, penguatan Halal Value Chain dan perluasan implementasi Halal lile Style.

Bank Indonesia untuk ketujuh kalinya akan kembali menyelenggarakan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) yaitu event ekonomi dan keuangan syariah yang mengintegrasikan pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah. FESyar merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia terhadap visi Indonesia dan sejalan dengan semangat Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNKS) yang ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat dari pengembangan ekonomi keuangan syariah dunia.

Fesyar 2020 dilaksanakan di tiga wilayah yaitu Sumatera, Jawa, dan Kawasan Timur Indonesia (KTI). Untuk regional Jawa, Fesyar 2020 akan berlangsung pada 5-10 OktoDer 2020 dengan platform virtual dan diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah Bank Indonesia se-Jawa.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, Banten sebagai salah satu wilayah yang penting untuk pengembangan ekonomi syariah. Untuk itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten berkolaborasi dengan stakeholders utama yaitu Pemerintah Provinsi Banten, Pondok Pesantren serta Penggiat dan Pengamat Ekonomi Syariah yaitu Forum Silaturahmi Pondok Pesantren, UMKM, kalangan akademisi dan perbankan syariah di Banten turut berpartisipasi pada kegiatan tersebut.(Advetorial)

Advertisement
LANJUT BACA

Susi Kurniawati

Wartawan bisnisbanten.com