Kuliner

Gurih & Enak, Cobain Keripik Bawang Putih Goreng Cocok Teman Nyemil

BISNISBANTEN.COM – Ada banyak cara membuat cemilan berbahan dari sayur atau rempah-rempah. Salah satunya ialah cemilan keripik bawang putih goreng. Meski terdengar aneh, namun keripik bawang putih goreng kini populer dan banyak digemari masyarakat.

Bagi Anda yang penasaran membuat keripik bawang goreng, pertama-tama siapkan bawang merah sesuai yang diinginkan minyak goreng yang netral, tanpa rasa atau aroma.

Jika bahan-bahan sudah disiapkan, pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng tidak memiliki rasa atau bau yang kuat agar tidak mengganggu rasa alami bawang putih.

Advertisement

Pertama-tama, iris tipis semua bawang yang sudah disiapkan tadi. Perhatikan irisan bawang putih yang diiris memiliki
ketebalan yang seragam agar saat digoreng matang secara merata.

Saat mengiris bawang putih pastikan menggunakan pisau tajam atau alat pengiris khusus untuk hasil yang lebih baik dan konsisten. Pasalnya, ketebalan irisan sangat penting karena irisan yang terlalu tebal menghasilkan keripik bawang putih tidak renyah.

Sedangkan irisan yang terlalu tipis bisa cepat gosong. Jika sudah diiris, tambahkan minyak goreng dan irisan bawang putih ke dalam wajan. Tempatkan wajan di atas kompor dengan api sedang.

Panaskan minyak dan bawang putih selama sekitar 45-60 detik. Bawang putih mulai matang ketika mulai mendesis dan berubah warna menjadi kecoklatan.
Setelah sisi bawah bawang putih kecoklatan, balik irisan bawang putih dengan hati-hati menggunakan spatula atau penjepit. Hal ini penting agar setiap irisan matang merata.

Advertisement

Setelah bawang putih matang dan berwarna kecoklatan merata, pindahkan irisan bawang putih ke piring yang telah dilapisi dengan kertas tisu.

Kertas tisu akan menyerap kelebihan minyak dan membantu menjaga keripik bawang putih tetap renyah. Selamat mencoba. (Ismi)

Advertisement
LANJUT BACA