Kuliner

Festival Pangan Pandeglang Kenalkan Talas Beneng pada Masyarakat

 

BISNISBANTEN.COM — Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang, hari ini menggelar Festival Pangan Lokal 2018 dengan tema “Menu Cipta Oleh-oleh Khas Pandeglang” di Alun-Alun Pandeglang, Minggu (4/2).

Event yang setiap tahun rutin digelar ini, juga mengadakan lomba memasak yang diikuti 40 peserta dari kalangan Cheff Hotel & Restoran, serta pelaku UMKM di Banten.

Advertisement

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang Muhammad Amri mengatakan, selain terkenal dengan daerah penghasil durian, Pandeglang juga saat ini menjadi daerah penghasil umbi-umbian yang sudah cukup terkenal yakni talas beneng.

“Kali ini juga merupakan launching untuk salah satu umbi-umbian yang sudah terkenal di Pandeglang yaitu talas beneng yang sudah terkenal hingga negeri orang,” katanya.

Menurutnya, talas yang hanya terdapat di Pandeglang ini, sudah terkenal hingga ke negeri kincir angin (Belanda) dan negeri sakura (Jepang).

Suasana Festival Pangan Pandeglang

“Ini pesaing talas Bogor, dimana talas ini dibudidayakan di daerah Juhut Pandeglang,” ujarnya.

Advertisement

Oleh karena itu, Amir berharap agar salah satu budidaya yang dihasilkan dari Pandeglang tersebut dapat di olah menjadi salah satu buah tangan khas Pandeglang.

“Kami ingin orang yang datang ke Pandeglang ini bawa oleh-oleh khas Pandeglang, dan kami upayakan masyarakat Pandeglang mencintai produk asli daerahnya,” ungkapnya. (adv)


 

Penulis : Wirda Garizahaque
Editor : Nurzahara Amalia

Advertisement
LANJUT BACA